News  

Satgas Binmas Wilayah Yahukimo Gelar Program Kasuari

Jayapura – Satgas Binmas Wilayah Yahukimo menggelar program Kesejahteraan Untuk Anak Negeri (Kasuari) yang berlangsung di Kampung Moruku Kompleks Persawahan, Jalan Poros Logpon Km.9, Jalan Poros Logpon Km.7 dan Kompleks Anggruk Jalan Anggruk Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo. Sabtu (16/4/2022).

Giat yang berlangsung pukul 09.25 WIT tersebut dihadiri oleh tim Satgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 Jayapura yakni, AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K. (Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022), BRIPTU Arya Chendranda, BRIPDA Teuku Rafki Abesya. Dan Personel Satgas Binmas yakni, IPTU Joni Linggi (Korwil Binmas Yahukimo), AIPDA Soleman F. Masnandifu, S.E., BRIGPOL Idul Hidayat Sirajan, BRIPDA Restu Alamsyah Athohari,BRIPDA Philipus Dion A. Augusta. Sementara Personel Satgas Preventif yaitu, IPDA Efrian Reza, 7 (tujuh) personel BKO Brimob Res Yahukimo, serta Personel Satgas Humas yakni, BRIPKA Anthony Biu, BRIGPOL Tabah Komaru Zaman, BRIPTU Markus N. Wanggai, dan Personel Polres Yahukimo yang terlibat yaitu, IPDA I Made Budi Dumariawan, A.Md., S.H. (Kasat Binmas Polres Yahukimo).

Adapun sasaran program Kasuari kali ini yakni, Spot pertanian dan Spot perikanan kampung Moruku, spot ternak babi milik Es Ira (Suku Momuna), Spot ternak babi milik Yeniut Pahabol (Suku Yali) dan Spot ternak babi milik Et Pahabol (Suku Hubla).

Saat Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K beserta rombongan tiba di Kampung Moruku kompleks persawahan Jalan Poros Logpon Km.9, bersama warga binaan melakukan giat menabur pupuk urea di sawah dan sekaligus menyemprotkan pestisida jenis Dursban terhadap padi di Spot Pertanian.

Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K menyampaikan bahwa, luas Spot pertanian Satgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 yang akan ditanami bibit padi sebesar 3 Hektare, dan yang sudah dikelola baru 1,5 Hektare. Padi ini ada 2 Jenis yakni Padi Putih dan Padi Merah.

Baca Juga:  Perpustakaan Konsel Terbaik Satu dalam Proses Monev Kegiatan Program Transformasi

“Maksud dan tujuan kami mengelola persawahan ini adalah untuk membantu masyarakat dan menumbuh kembangkan minat masyarakat dalam pengembangan produk padi dengan cara mengelola dan menggarap sawah,” ucapnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salasatu dari Program Ops Damai Cartenz-2022, yakni Program Kasuari (Kesejahteraan Untuk Anak Negeri) yang salasatunya berupa pengolahan sawah ini.

“Kami berharap masyarakat khususnya asli Papua dapat tumbuh minat dalam bidang pertanian padi ini, dan kami berharap kedepannya tingkat perekonomian masyarakat semakin naik, yang mana kita tahu bersama bahwa kita saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19, oleh karena itu kita harus mengembangkan perekonomian melalui sektor pertanian. Karena mungkin sektor-sektor yang lain masih terkendala Covid-19, sehingga dengan sumber daya yang ada kita bisa manfaatkan,” harap Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K.

Pada kesempatan tersebut Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K juga melakukan pengecekan Spot Perikanan yang berada bersebelahan dari Spot pertanian, dalam pengecekan ini Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K. bersama warga binaan memberikan makan ikan-ikan yang berada di kolam Spot perikanan dan hasil dari pengecekan ini ikan dalam keadaan sehat.

“Saat ini kita berada di area Spot lerikanan binaan Ops Damai Cartenz-2022, yang mana kolam ini berisikan ikan jenis mujair, di mana ini termasuk dalam program Kasuari,” kata Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K.

Baca Juga:  Hari Ini, Bupati Konsel Bakal Lantik 86 Kepala Desa Terpilih

“Kurang lebih sebulan lalu kami sudah memberikan benih sebanyak kurang lebih 15.000 ekor bibit ikan dan diproyeksikan pada bulan Juni dapat dipanen bersamaan dengan Spot pertanian,” sambungnya.

Tak lupa Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin juga menambahkan bahwa terkait kunjungan Kapolri ke Yahukimo telah disiapkan lahan sawah seluas satu hektar.

“Dalam rangka kunjungan Kapolri ke Yahukimo, telah disiapkan lahan sawah seluas 1 hektar, yang nanti akan digunakan untuk penanaman bibit padi oleh Kapolri,” tambahnya.

Kegiatan berlanjut untuk melakukan pengecekan lumbung/gudang tempat penyimpanan hasil panen padi yang berada di sebelah Spot perikanan.

“Hasil dari panen kedua di Spot pertanian ini, dengan lahan seluas sekitar 1/2 hektare mampu menghasilkan sekitar 1 ton gabah padi, yang mana hal ini sangat luar biasa, dari lahan setengah hektar dapat menghasilkan kurang lebih 1 ton gabah, dan apabila gabah ini sudah digiling dapat menjadi kurang lebih 800 kg beras,” beber Yamin saat melakukan pengecekan lumbung/gudang tempat penyimpanan hasil panen padi yang berada di sebelah Spot perikanan.

Untuk harga 1 kg beras, masih Yamin, kurang lebih Rp. 15.000,- , di mana hal ini luar biasa dan sangat bermanfaat, kami akan terus kembangkan sehingga seluruh masyarakat Yahukimo, khususnya Distrik Dekai dapat sejahtera.

Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K. beserta rombongan juga melakukan pengecekan Spot ternak babi binaan Satgas Binmas Noken Res Yahukimo Bapak Es Ira di Kampung Moruku Distrik Dekai dan pengecekan di Spot ternak babi yang berada di Jalan Poros Logpon, Km. 7 milik Yeniut Pahabol. Selain itu juga mengecek Spot ternak babi yang berada di Jalan Anggruk Distrik Dekai dan bertemu dengan warga binaan Et Pahabol. Pengecekan tersebut bertujuan untuk melihat kondisi ternak dan kandang.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Koltim: Ada 6 Poin Sasaran Prioritas Pembangunan Rencana Kerja Pemda

Dan saat melakukan pengecekan Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin meminta kepada Bapak Et Pahabol untuk dapat merawat bibit ternak babi ini dengan sebaik-baiknya.

Et Pahabol mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut.

“Terima Kasih atas kunjungan ini, kami sangat berterima kasih kepada Binmas Noken atas pemberian bibit-bibit ternak babi ini. Kami akan terus berusaha merawat dengan baik ternak babi ini,” ucap Et Pahabol.

Sementara itu Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K, menyampaikan bahwa, hari ini dilakukan pengecekan di spot-spot ternak babi Distrik Dekai.

“Hari ini kami melakukan pengecekan di Spot-spot ternak babi di Distrik Dekai, dan kami telah serahkan 30 ekor di beberapa spot ternak babi di Yahukimo, yang mana kondisi ternak babi dalam kondisi sehat, dan kami berharap melalui spot ternak babi ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu kami juga berharap kepada seluruh warga binaan yang telah diberikan bibit babi agar dapat merawat dan menjaga dengan baik ternak babi yang telah diberikan, sehingga nanti hasilnya dapat optimal dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K.

Giat yang berakhir pukul 12.20 WIT berjalan aman dan lancar, dengan hasil dari pengecekan Spot ternak babi dalam kondisi sehat. (Hb/Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *