News

Raih Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sultra, Surunuddin: Ini Bentuk Kepatuhan Keuangan

Avatar photo
×

Raih Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sultra, Surunuddin: Ini Bentuk Kepatuhan Keuangan

Sebarkan artikel ini

Konawe Selatan, mediasultra.co.id – Catatan membanggakan berhasil ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel). Hasil pemeriksanaan keuangan tahun 2022, kabupaten pimpinan Bupati Surunuddin Dangga ini, oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tenggara, Dadek Nandemar, menegaskan bahwa setelah pihaknya melakukan pemeriksaan di tahun 2023 atas laporan keuangan tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan telah mengupayakan sejumlah perbaikan dengan melakukan kapitalisasi dan koreksi atas hal yang pernah menjadi catatan dalam pemeriksaan sebelumnya. Rabu (31/05/2023).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sehingga untuk tahun 2022, pihaknya tidak mendapati permasalahan yang dapat menganggu opini atas laporan keuangan Pemerintah Konawe Selatan.

Baca Juga:  Kunker selama Dua Hari di Sultra, Wapres RI Tinjau Penanganan Stunting di Puskesmas Lepo-Lepo

“Untuk tahun ini, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan memperoleh opini WTP,” ujar Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tenggara.

Ia menambahkan atas opini tersebut dirinya percaya Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan akan tetap melakukan yang terbaik dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Dengan menyelesaikan atau menindaklanjuti apa yang masih menjadi catatan pemeriksaan. Serta terus mendorong fungsi pengawasan. Di mana BPK RI perwakilan Sultra siap terus mendampingi agar predikat yang dicapai dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan,” pungkasnya.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, yang didampingi Wakil Bupati Konsel, Rasyid, Ketua DPRD Konawe Selatan Irham Kalenggo, Sekda Konawe Selatan Hj. St. Chadidjah bersama Kepala BKAD Nisbanurrahim dan sejumlah jajaran OPD nya, saat menerima laporan hasil pemeriksaan tersebut, dikantor BPK RI Perwakilan Sulawesi Tenggara tentu saja sumringah.

Baca Juga:  Pemkab Koltim Tampilkan Shorgun dan Produk UMKM di HUT ke-58 Sultra

Bupati dua periode itu, memaknai pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian sebagai bentuk kepatuhan keuangan atas peraturan perundang-undangan. Tak lupa dirinya menyampaikan ucapan terima kasih pada tim auditor BPK RI Sulawesi Tenggara atas bimbingan dan petunjuknya. Dirinya menambahkan, siap menindaklanjuti apa yang menjadi masukan dari laporan hasil pemeriksaan tersebut.

“Konawe Selatan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan ke arah yang lebih baik lagi. Dengan hasil ini ke depan kami bisa mengevaluasi kinerja jajaran. Konawe Selatan untuk terus patuh, karena lebih berat mempertahankan karena sudah jelas yang menjadi kesalahan atau kekeliruan. Dan Regulasi bakal sudah banyak berubah,” kata orang nomor satu di Konawe Selatan ini.

Baca Juga:  Meriahkan HPN 2022 di Kendari, Bank Sultra Gelar Berbagai Kegiatan

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo. Raihan WTP tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak yang maksimal bekerja baik. Sebagai mitra pengawasan pemerintahan Kabupaten Konawe Selatan, DPRD Konawe Selatan siap menindaklanjuti catatan-catatan yang diterima.

“Opini ini merupakan pernyataan profesional dari pemeriksa atas kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah. Terima kasih atas dukungan, arahan dan masukan dari BPK RI perwakilan Sultra. Terima kasih pula kepada bapak Bupati Konsel dan jajaran yang telah mencurahkan segalanya dalam menjalankan amanah yang diberikan masyarakat Konawe Selatan,” ujarnya.

Sumber : IKP Diskominfo Konawe Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!