News

Melalui Kesbangpol, Pemkab Konawe Utara Gelar Seleksi Rekrutmen Paskibraka Tahun 2023

Avatar photo
×

Melalui Kesbangpol, Pemkab Konawe Utara Gelar Seleksi Rekrutmen Paskibraka Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Konawe Utara, mediasultra.co.id – Pemerintahan Kabupaten Konawe Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar seleksi rekrutmen Paskibaraka tahun 2023 tingkat Kabupaten di Tribun Kantor Bupati Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Selasa (16/05/2023).

Kepala Kesbangpol H. Hasran Abu Bakar, S.Pd, M.Si, mengatakan, seleksi hari ini adalah tindak lanjut dari pendaftaran Paskibraka yang dibuka dari tanggal 27 Februari sampai 03 Maret 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Sejak kami membuka pendaftaran Paskibraka tingkat kabupaten dari tanggal 27 Februari hingga 03 Maret 2023 yang membuat akun pendaftaran berjumlah 211 peserta dan hanya 142 yang melakukan menguploadtan dokumen pendukung,” kata Hasran.

Baca Juga:  Berikut Dua Raperda Koltim yang Diserahkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan

“Dan hari ini sebanyak 142 siswa-siswi SMA yang berasal dari berbagai sekolah melaksanakan seleksi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023, yang terdiri dari seleksi administrasi dan kesehatan, tes parade tes wawasan kebangsaaan, tes intelejensi umum (TIU), tes Samapta, tes PBB (Peraturan baris berbaris) dan tes kepribadian yang akan dilaksanakan hingga dua (2 hari),” sambungnya.

H. Hasran juga berharap selama seleksi para siswa selalu menjaga kesehatan dan terus berupaya untuk menunjukan yang terbaik.

“Karena seleksi ini mengutamakan kebugaran fisik, jadi selama seleksi tolong jaga kesehatan, dan tunjukkan anda menjadi yang terbaik sehingga akan melahirkan anggota Paskibraka yang menjadi kebanggaan kita dan tentu kebanggaan sekolah,” pesan Hasran.

Baca Juga:  Pengunjung Tenggelam di Pantai Taipa, Kapolres Konut Himbau Pengunjung Tidak Berenang

Sementara itu, Indrajaya Bahrin, S.T.,M.Si selaku Koordinator pelaksana seleksi menjelaskan bahwa seleksi ini dilaksanakan sesuai Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Paskibraka yang sudah melekat di Badan Kesbangpol.

“Pendaftaran kami buka tanggal 27 Februari hingga 03 Maret, Ada delapan (8) tahapan yang kita lakukan. Mulai dari seleksi administrasi yang dilaksanakan oleh Kesbangpol dan tes kesehatan dilaksanakan oleh kawan-kawan tenaga kesehatan, kemudian Tes parade dilaksanakan oleh tim dari Kodim dan Polres. Wawasan kebangsaaan dan Intelejensi umum dilakukan secara online, selanjutnya Samapta dan PBB dilaksanakan tim Kodim, Polres dan PPI. Sedangkan tes kepribadian dilaksanakan oleh Kesbangpol,” terang Indra sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Hasil Survei Lembaga Riset Independen Charta Politika Indonesia, ASR Posisi Teratas

Untuk diketahui jumlah peserta seleksi calon anggota Paskibraka tahun 2023 berjumlah 142 terdiri laki-laki 68 siswa dan perempuan berjumlah 74 siswi, dimana perwakilan dari SMAN 1 Sawa berjumlah 11 orang, SMAN 1 Lembo berjumlah 10, SMKN 1 Konawe Utara berjumlah 9, SMAN 1 Lasolo berjumlah 16, SMAN 1 Asera berjumlah 10, SMAN 1 Oheo berjumlah 7, SMAN 1 Langgikima berjumlah 4, SMAN 1 Wiwirano berjumlah 7 orang.

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!