News  

Yusran Akbar Kembali Bangun 800 Meter JUT Guna Tingkatkan Produksi Pertanian di Konawe

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Konawe – Guna meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Konawe, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Konawe Yusran Akbar, S.T kembali membangun Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 800 meter. Pembangunan JUT kali ini dilaksanakan di Desa Andomesinggo, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (07/02/2024).

Yusran Akbar menuturkan bahwa pembangunan JUT tersebut merupakan program KADIN Konawe peduli infrastruktur, dan ini sudah berjalan selama dua (2) tahun serta telah menyasar lebih dari 60 desa di Konawe.

Adapun infrastruktur yang dibangun atau ditingkatkan, lanjut pria yang akrab di sapa YA ini yakni, pembuatan Jalan Usaha Tani, normalisasi sungai, pembangunan dan perbaikan jembatan, serta pembuatan pembuangan air (Drainase).

YA juga mengaskan bahwa tujuan dari KADIN Konawe peduli infrastruktur tersebut yaitu sebagai bentuk upaya KADIN Konawe meningkatkan perekonomian sehingga memperbesar terciptanya peluang membuka usaha untuk masyarakat.

Baca Juga:  Permudah Akses Petani di Desa, Kades Anggolohipo Buka JUT

“Ini sebagai bentuk upaya KADIN Konawe meningkatkan perekonomian sehingga memperbesar terciptanya peluang membuka usaha untuk masyarakat. Karena jika infrastrukturnya bagus, warga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengangkut hasil pertanian, biaya pengangkutan pupuk. Selain itu, dampak dari JUT juga secara tidak langsung meningkatkan nilai ekonomis lokasi masyarakat,” ujar Yusran Akbar.

Ketgam : Achmad (kanan)

Yusran Akbar juga menambahkan bahwa program KADIN Konawe peduli infrastruktur ini dapat merangsang terciptanya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sehingga perekonomian dapat meningkat dengan pesat.

“Saat biaya pengelolaan pertanian semakin kecil, maka pendapatan masyarakat akan meningkat sehingga membuka peluang besar bagi mereka untuk membuka usaha,” pungkasnya.

Sementara itu, Achmad, salasatu warga Desa Andomesinggo menuturkan bahwa dengan dibangunnya JUT tersebut maka warga akan dengan mudah mengakses jalan tersebut. Selain itu, jalan yang dulunya hanya dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua, kini sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda empat untuk mengangkut pupuk dan hasil pertanian mereka.

Baca Juga:  Ridwan Badallah Hadir sebagai Narasumber Pembentukan KIM di Konawe

“Jujur saja, warga yang mayoritas petani sawit mengakui, jalan yang dibangun KADIN melalui program KADIN Konawe peduli infrastruktur telah lama kami idam-idamkan. Pasalnya, sebelum JUT dibangun, jalan yang kami gunakan sangat sulit dilalui karena sempit serta di penuhi semak belukar. Selain itu, pengangkutan pupuk atau hasil panen dulunya membutuhkan biaya yang relatif besar, namun dengan dibangunnya JUT tersebut, kami sebagai petani merasa sangat terbantu baik itu tenaga, waktu, maupun biaya,” terang Achmad.

Ketgam : Saat warga menyaksikan pembuatan JUT

Dirinya pun berharap agar program KADIN Konawe peduli infrastruktur terus berlanjut, karena dengan berjalannya program itu, semua kebutuhan warga yang berkaitan dengan pengelolaan pertanian sangat dipermudah.

Tak lupa Achmad juga mengucapkan terima kasih kepada Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Konawe karena telah membuat JUT sepanjang 800 meter di lahan perkebunan warga.

Baca Juga:  Ruksamin: Capaian Prevalensi Stunting di Konut Tunjukkan Tren Positif

“Kami sangat berterimakasih atas program KADIN yang digagas langsung oleh Yusran Akbar karena bisa masuk ke kampung kami,” ucapnya.

Perlu diketahui, sebelumnya KADIN Konawe telah berkomitmen untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomian dengan membangun dan meningkatkan sejumlah infrastruktur. (Tim/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!