News  

Buka Musrenbang di Dua Kecamatan, Ruksamin: Selaraskan Program Pembangunan 

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Konawe Utara – Dihari kedua pelaksanaan Musyawara Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Setelah sehari sebelumya membuka Musrenbang di Kecamatan Wiwirano.

Hari ini selasa, 23 Januari 2024, Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, kembali menunjukkan komitmennya dengan membuka dua acara sekaligus di Kecamatan Landawe dan Langgikima.

Untuk Musrenbang Kecamatan Landawe dilaksanakan di Aula Kecamatan Landawe, dan Kecamatan Langgikima berlangsung di Aula Kecamatan Langgikima.

Bupati Ruksamin menjelaskan bahwa Musrenbang ini bertujuan untuk menyinkronkan program pembangunan di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Tujuan Musrenbang untuk menyelaraskan program pembangunan dari tingkat desa hingga kabupaten,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Ruksamin menegaskan target pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe Utara sebesar 6.25 persen dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 72.3 persen.

Baca Juga:  Sulwan Aboenawas Lantik Syawal Jadi Sekda Koltim

Untuk mencapai target tersebut, ia juga mendorong aparat desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) untuk terus meningkatkan pendidikan.

Dalam upaya ini, Bupati Ruksamin mengumumkan adanya kolaborasi dengan beberapa universitas yang telah menyediakan ruang khusus bagi aparat desa dan BPD untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kita lagi melakukan upaya kerja sama dengan beberapa universitas dan ini saya buka ruang khusus untuk aparat desa dan BPD,” ucapnya.

Setelah pembukaan Musrenbang, Bupati Ruksamin melibatkan masyarakat, kepala desa, kepala sekolah, dan peserta Musrenbang dalam ruang dialog.

Tujuan dialog adalah mendengar usulan dan masukan terkait pembangunan di wilayah tersebut, sambil memberikan respon dan jawaban langsung terhadap usulan yang diajukan.

Baca Juga:  PJ Gubernur Sultra Lantik PJ Bupati Kolaka

Namun, dalam suasana dialog tersebut, satu warga mengadukan bahwa rumahnya baru saja mengalami kebakaran.

Menyikapi hal ini, Bupati Ruksamin menunjukkan kepeduliannya terhadap warganya yang mengalami musibah tersebut.

Tanpa ragu, beliau dengan ikhlas menggunakan uang pribadinya memberikan bantuan sebesar 15 juta kepada korban kebakaran, menegaskan komitmennya tidak hanya dalam perencanaan pembangunan tetapi juga dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

Diketahui dalam acara itu, Bupati Ruksamin turut berbagi kepedulian dengan menyerahkan secara simbolis bantuan alat pendeteksi stunting kepada desa dan Puskesmas di kedua Kecamatan itu.

Hadir dalam Musrenbang ini, Wakil Bupati Konut H. Abuhaera, Wakil Ketua DPRD Konut bersama anggota, Pj. Sekda Konut, Forkopimda Konut, Staf Ahli, Asisten, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Konut, Camat Landawe, Langgikima, serta seluruh Kepala desa di dua kecamatan tersebut.

Baca Juga:  Hadapi Pemilu Tahun 2024, KPU Kota Baubau Lakukan Berbagai Persiapan

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!