News  

Sekda Sultra Wakili PJ Gubernur Jadi IRUP di HUT Kolaka Utara yang ke-20 Tahun

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Kolaka Utara – Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D, hadiri peringatan HUT ke-20 tahun Kolaka Utara (Kolut). Kehadiran Sekda mewakili Penjabat (PJ) Gubernur Sultra. Peringatan HUT Kolut ke-24 tahun di gelar di lapangan Aspirasi, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Minggu (07/01/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Sultra, Forkopimda Kabupaten Kolut, Pj. Bupati Kolut, Komandan Lantamal TNI AL Wilayah Sultra, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Kolut, Kadis Kominfo Sultra, Karo pemerintahan Setda Sultra, Karo Pembangunan Setda Sultra, Dirut Rumah Sakit Jantung Oputa Yii Koo, Biro Kesra, Sekretaris ESDM Sultra, para Kepala OPD lingkup Kabupaten Kolut dan pejabat terkait.

Upacara peringatan HUT Kolut yang ke-20 tahun tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Sultra dan diawali dengan menyaksikan marching band Anawai SMPN 1 Kolaka Utara dan defile-defile dari berbagai kecamatan yang ikut memeriahkan HUT Kolaka Utara ke-20 Tahun.

Dalam sambutannya Sekda Sultra menyampaikan bahwa selaku Sekda dirinya mewakili Pj. Gubernur. Dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyampaikan selamat kepada Kabupaten Kolaka Utara yang kini sudah memasuki usia yang ke-20 tahun. Semoga di usia yang terbilang cukup matang ini, Kabupaten Kolaka Utara akan semakin lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.

Baca Juga:  Berikut Harapan Pj Bupati Koltim Saat Hadiri Rapat Mediasi Sengketa Rumpun Sagu di Areal Rawa Tinondo

“Perjalanan 20 tahun adalah perjalanan yang sudah cukup memadai bagi sejarah pembangunan setiap daerah. Dalam mengarungi perjalanan selama ini, sudah barang tentu pemerintah pemangku amanah beserta segenap masyarakat Kolaka Utara telah banyak merasakan dan mengalami pahit dan manisnya perjuangan membangun Kabupaten Kolaka Utara,” ucap Asrun Lio.

Hasil pembangunan yang paling bernilai semenjak dimekarkannya Kabupaten Kolaka Utara 20 tahun silam, lanjut Asrun Lio, adalah hasil-hasil pembangunan yang senantiasa, dihajatkan untuk sebesar-besarnya demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Kolaka Utara. Di tahun 2024 ini, api pembangunan Kabupaten Kolaka Utara harus terus dinyalakan menjadi lebih gemilang lagi, menjadi lebih baik lagi, demi cahaya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Kolaka Utara yang lebih baik, dengan semboyan cintaku, hidupku dan masa depanku Kolaka Utara.

Untuk itu, masih Asrun Lio, tugas Pemerintah Daerah beserta seluruh pemangku amanah pembangunan, Kabupaten Kolaka Utara tanpa terkecuali dituntut untuk terus merawat kebersamaan, ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, serta konsisten dalam pencapaian target-target pembangunan. Apabila seluruh jajaran aparatur pemerintah dan pemangku amanah termasuk masyarakat Kolut, dapat bersinergi dalam konteks kebersamaan dan bergotong-royong sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Kolut yang lebih maju dan sejahtera akan dapat diwujudkan, pada semua bidang dan sektor pembangunan.

Baca Juga:  La Songo: Ada Apa Oknum TNI Hentikan Aktivitas di Jetty Marombo

“Di samping berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih, Kolaka Utara tentu masih banyak tantangan dan agenda besar yang mesti secara kolaboratif antara Pemerintah Provinsi Sultra dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dan semua Pemerintah Kabupaten dan kota se-Provinsi Sultra, untuk melakukan sinergitas dalam merealisasikannya,” kata Asrun.

“Daerah kita ini, memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, sehingga mimpi kita semua adalah memanfaatkan potensi SDA tersebut secara bijak, untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan hasilnya dimanfaatkan sebesar-besar bagi rakyat, antara lain di Kolaka Utara ini, kaya dengan potensi sektor pertanian dalam arti luas sektor pertambangan, sektor pariwisata, pengembangan UMKM dan sektor lainnya. Namun, terpenting bagi masyarakat Kolaka Utara adalah mempersiapkan diri sendiri, agar kelak kita tidak hanya menjadi penonton, dari semua yang akan hadir dalam waktu dekat. Para pemuda kita, perlu menantang diri untuk mempelajari hal-hal baru, melatih keterampilan baru yang dibutuhkan oleh berbagai sektor yang akan tumbuh di Kabupaten Kolut,” sambungnya.

Baca Juga:  Bupati Konsel Buka Kegiatan Temu Bisnis yang Digelar oleh DPM-PTSP

Pada kesempatan tersebut, Sekda Sultra juga mengajak para semua yang hadir agar meningkatkan rasa kecintaan terhadap daerah.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap daerah kita. Kita tularkan rasa cinta itu kepada anak-anak kita, kepada masyarakat kita. Serta refleksikan cinta tersebut dengan kerja-kerja nyata kita, untuk Kabupaten Kolaka Utara dan Sulawesi Tenggara pada umumnya. Jaga selalu keamanan dan kedamaian wilayah masing-masing, apalagi menyongsong Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden. Saya minta kepada semua pihak, baik penyelenggara Pemilu maupun peserta dan masyarakat Kolaka Utara, mari songsong Pemilu dengan riang gembira,” ajak Asrun Lio.

“Saya percaya, kita semua yang hadir di sini sependapat, bahwa Pemilu damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu. Mari saya mengajak kita semua, untuk senantiasa berkomitmen menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu tahun 2024,” pungkasnya. (W/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!