News  

Ruksamin Buka Sosialisasi F-PRB dan Bimtek Pembentukan Desa Tangguh Bencana 

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Konawe Utara – Bupati Konawe Utara H. Ruksamin membuka sosialisasi pembentukan desa tangguh bencana se-Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2023.

Giat yang diikuti oleh 159 desa 13 kecamatan dan 11 kelurahan tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Oheo Kecamatan Andowia, Rabu (27/12/2023).

Pembukaan sosialisasi turut dihadiri oleh Wakil Bupati Konut Abu Haera, Sekda, Ketua ABDESI, camat, kepala desa, lurah, OPD dan Forkopimda.

Dalam sambutannya Ruksamin menyampaikan bahwa pembentukan desa tangguh bencana diharapkan mampu mengakomodasi dan faktor-faktor kelokalan Konawe Utara dalam upaya menuju peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana yang lebih terarah.

Selain itu, Ruksamin juga berharap dengan kegiatan pembentukan desa tangguh bencana merupakan salah satu kegiatan prioritas yang harus di laksanakan demi mendukung dan membantu arah dan sasaran dan program pembangunan yang telah di tetapkan, khususnya kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana.

Baca Juga:  STQH Tingkat Provinsi Sultra ke XXVII Berakhir, Konsel Keluar sebagai Juara Tiga Umum

Bukan hanya itu, lanjut Ruksamin, F-PRB mampu membangun sinergitas serta kerja sama dengan stakeholder atau pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Konawe Utara dalam hal ini BPBD sebagai penanggung jawab.

“Sebanyak 71 desa tangguh bencana yang menjadi perioritas, dan ditetapkan di BPBD tahun 2024 di Kabupaten Konawe Utara dan perlu ditetapkan sebagai desa tangguh bencana,” terang Ruksamin.

“Dalam penanggulangan bencana, bukan hanya satu jenis bencana saja, maka diharapkan dari F-PRB menata desa yang terdampak bencana kegiatan sosialisasi ini,” tutupnya.

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!