News  

Bupati Ruksamin Buka Rapat Evaluasi Tim Teknis dan Pendamping PPKP

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Konawe Utara – Bupati Konawe Utara (Konut) H. Ruksamin membuka rapat evaluasi tim teknis dan tim Pemdamping Program Pengembangan Kebun Pekarangan (PPKP) di Kebun PPKP Desa Longeo, Kecamatan Asera, Selasa (19/12/2023).

Rapat tersebut bertujuan meningkatkan ketersediaan lahan pangan sebagai strategi pengendalian kemiskinan, inflasi, dan stunting di daerah secara berkelanjutan.

Dalam acara ini, Bupati Ruksamin didampingi Wakil Bupati H. Abuhaera, Ketua DPRD Konut Ikbar, Plh. Sekda Konut, Ketua Hipmi Jawa Timur, serta Forkopimda Konut.

Sebanyak 40 kelompok pembudidaya dan peternakan dari empat kecamatan, yaitu Kecamatan Asera, Oheo, Andowia, dan Molawe, turut mengikuti rapat tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Ruksamin dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap pemanfaatan lahan pekarangan.

Baca Juga:  Tidak Cukup 1x24 Jam, Sat Reskrim Polres Konut Amankan Pelaku Penganiayaan

Dirinya mengumumkan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) telah menyediakan bibit dan pupuk secara gratis, menegaskan komitmen dengan menyatakan, “Mulai dari bibit hingga pupuk, semuanya ditanggung oleh Pemda, dan tim teknis sudah disiapkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ruksamin mengumumkan kehadiran Ketua Hipmi Jawa Timur dan tim ahli pertanian yang akan memberikan pelatihan cara budi daya tanaman.

Tidak hanya sekedar membawa Ketua Hipti Jawa Timur dan tim ahli pertanian, tetapi juga berkomitmen untuk membeli hasil pertanian masyarakat sebagai upaya mendorong ekonomi lokal.

Tak ketinggalan, Bupati Ruksamin mengumumkan rencana peluncuran aplikasi “Pak Tani Konasara” pada perayaan HUT Konut, dengan harapan aplikasi ini akan menjadi solusi efektif bagi petani dalam memperoleh bantuan dari pemerintah.

Baca Juga:  Abdul Samad Keluhkan Lapas Kelas IIA Kendari yang Over Kapasitas

“Insya Allah, HUT Konut kita akan menjadi momentum peluncuran pak tani konasara,” ucapnya.

Sebagai pesan akhir, Bupati Ruksamin mendorong penggunaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya memperkuat ekonomi lokal.

Setelah membuka rapat tersebut, bupati secara simbolis menyerahkan bibit sayur kepada kelompok tani.

Selain itu bupati bersama rombongan turut serta dalam penanaman bibit sayur di Kebun Pekarangan Desa Longeo, menciptakan momen nyata dalam mendukung pertanian di wilayah tersebut.

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!