News  

Manfaatkan Lahan Tidur, KADIN Kendari dan Korem 143/HO Teken MoU

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Kendari – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Kendari dan Korem 143/Halu Oleo (HO) jalin kerja sama tekan inflasi di Kota Kendari. Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatangan nota kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU), bertempat di Aula Korem 143/HO, Selasa (12/12/2023).

MoU yang ditandatangani antara KADIN dengan Korem 143/HO tersebut terkait pemanfaatan lahan tidur untuk ketahanan pangan di Wilayah Kota Kendari.

Mengawali sambutannya Komandan Korem (Danrem) 143/HO BRIGJEN TNI Ayub Akbar mengucapkan terima kasih kepada KADIN Kendari yang telah memberikan kepercayaan untuk menjalin kerja sama menyiapkan lahan.

“Terima kasih atas kepercayaan KADIN Kendari kepada kami untuk penyediaan lahan, di mana lahan tersebut nanti akan digunakan untuk peternakan ayam bertelur,” ujar Danrem 143/HO.

Bila melihat kondisi sekarang, lanjut Danrem, kebutuhan makanan pokok sangat besar, karena selain penduduk Kendari sendiri, ada juga perusahaan yang mana membutuhkan kebutuhan pangan yang besar sekali.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama agar masyarakat di sekitar kita tidak kekurangan sumber bahan makanan. Selain itu, ini juga merupakan upaya kita dalam membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk menekan inflasi, dan memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat,” ungkapnya.

BRIGJEN TNI Ayub Akbar juga menyampaikan bahwa tentu penandatangan MoU ini tetap akan mengacu pada peraturan yang ada.

Di tempat yang sama Penjabat (PJ) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menyampaikan apresiasi dan selamat kepada KADIN Kendari dan Korem 143/HO yang sudah berhasil menginisiasi dan melakukan penandatangan MoU dalam rangka pemanfaatan lahan tidur yang ada di Kota Kendari untuk tujuan yang sangat mulia.

Baca Juga:  Momen HUT ke-16, Pemkab Konut Teken MoU dengan Pemkot Kendari

“Saya sangat mengapresiasi atas capaian ini, yang mana KADIN Kendari dan Korem 143/HO telah melakukan penandatangan MoU atas penggunaan lahan tidur untuk kebutuhan ketahanan pangan masyarakat dengan tujuan untuk menekan inflasi,” jelas Asmawa.

Pada kesempatan tersebut, Asmawa juga menyampaikan bahwa Alhamdulillah di bulan November inflasi di Kota Kendari di bawah nasional, yang mana nasional masih angka 2,86 persen, sementara Kota Kendari sendiri 2,82 persen. Dan sampai saat ini Kota Kendari tetap berada di bawah nasional dengan 0.17 persen.

“Tentu ini merupakan capaian yang luar biasa, karena ini baru pertama terjadi di Kota Kendari selama dilakukan penanggulangan penekanan inflasi, selama ini selalu di atas nasional, bahkan selalu di atas sepuluh besar nasional,” terangnya.

Dan tentu, masih Asmawa, capaian luar biasa ini tidak bisa terjadi kalau bukan karena kerja bersama, kolaborasi dengan stakeholder, baik dari TNI, Polri termasuk dari KADIN dengan menggelar pasar murah, dan itu hampir tiap hari dilakukan.

“Sekarang ini bukan saatnya lagi kita berkerja sendiri-sendiri, oleh karena itu saya mengajak agar tetap bekerja sama dalam penanggulan menekan angka inflasi di Kota Kendari,” ajak Asmawa.

Selaku PJ Wali Kota Kendari, Asmawa berharap dengan adanya lahan yang disediakan oleh Korem 143/HO maka ke depan secara bertahap bisa dirasakan manfaatnya, sehingga tidak ada lagi impor dari luar.

Baca Juga:  Terpilih sebagai Ketua F-PRB Konut, Berikut Program Kerja Jefri Ipnu

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan sesuai dengan rencana kita, sehingga Kota Kendari ini bisa lebih baik lagi, mandiri, dan masyarakat sejahtera, begitu juga dengan sistem pelayanan, kita akan memberikan pelayanan yang berkeadilan tanpa diskriminasi,” harap Asmawa.

Sementara itu, Ketua KADIN Kota Kendari, Fadli S Tanawali menuturkan bahwa ketahanan pangan merupakan nadi suatu bangsa, pangan juga merupakan sumbu utama kehidupan masyarakat, karena kalau pangan tidak mencukupi, maka bisa kacau, begitu juga kalau pangan mahal, maka daya beli akan berkurang, akhirnya menyebabkan inflasi.

“Menurut data statistik yang kami terima, ternyata kebutuhan telur untuk Kota Kendari itu sekitar 50 juta butir telur per tahun, sementara yang bisa diproduksi hanya 10 juta butir, berarti hanya sekitar 20 persen, kita masih deviasi sekitar 80 persen. Jadi yang sisanya itu kita hanya impor regional dari Sidrap dan Gorontalo, dan itupun tidak disalurkan kepada masyarakat, tetapi masuk ke wilayah industri, bahkan ada yang sampai ke Sulawesi Tengah (Sulteng). Jadi Kota Kendari ini hanya menjadi jalur distribusi,” jelas Fadli.

Untuk itu Fadli ucap syukur, karena dengan program KADIN dan lahan yang disiapkan oleh Korem 143/HO yang seluas 15 hektare (ha) ke depan akan dimanfaatkan untuk mengolah lahan dengan peternakan ayam bertelur.

“Insya Allah dengan kolaborasi ini, kami akan memulai populasi sepuluh ribu ekor ayam, dengan estimasi dengan sepuluh ribu itu bisa mendapatkan sepuluh ribu butir telur per hari. Jujur ini belum menyelesaikan permasalahan yang ada, namun minimal bisa membantu memperkecil presentasi dari deviasi. Dan mudah-mudahan ke depan bisa mencapai 50 ribu ekor. Ini memang tidak mudah, tapi kalau kita tidak mulai dari sekarang, saya yakin ini tidak akan terwujud,” ucap Fadli.

Baca Juga:  Polres Konut Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Jum'at Curhat

Sementara terkait pakan, lanjut Fadli, kebutuhan pakan ternak per tahun itu mencapai angka 148 ribu ton untuk Kota Kendari.

“Kebutuhan pakan ternak kita di Kota Kendari mencapai 148 ribu ton per tahun, sementara kita hanya mampu menyediakan 540 ton, kita deviasi lagi sekitar 60 persen. Untuk itu, kita juga akan membangun inter integrasi dengan tujuan untuk memenuhi pakan ternak. Karena kapasitas sepuluh ribu, per ekor ayam itu membutuhkan pakan sebanyak 120 gram ketika sudah masa produktif, jadi kalau sepuluh ribu ekor, dalam sehari butuh pakan sebanyak 1,2 ton, sehingga dalam waktu tiga bulan masa panen untuk jagung, dibutuhkan pakan sekitar 108 ton,” ungkap Fadli.

Untuk itu, masih Fadli, lahan yang 15 ha tersebut akan digunakan untuk pakan ternak seluas 10 ha, 2,5 ha khusus untuk berternak ayam bertelur dan 2,5 ha rencana akan dibangun agro wisatawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran pimpinan Korem 143/HO, pengurus KADIN Kota Kendari, Ketua Umum KADIN Sultra yang diwakili oleh Pak Sukarni, Kasat Pol PP, Kepala Dinas ketahanan Pangan dan Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!