News  

Guna Pengembangan Teknologi Pertanian di Konut, Ruksamin Kunker ke UG-TechnoPark

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Jawa Barat – Bupati Konawe Utara (Konut) H. Ruksamin terus malakukan upaya dan inovasi untuk memajukan daerahnya. Baik di sektor pendidikan, pertanian, pariwisata, maupun dibeberapa sektor lainnya.

Kali ini Bupati Konut ini melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Universitas Gunadarama (UG)-TechnoPark yang terletak di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Jum’at (8/12/2023).

Kedatangan bupati bersama rombongan disambut langsung Rektor Universitas Gunadarama (UG)-TechnoPark, Prof. Margianti, S.E.,M.E, bersama Kepala Badan Administrasi Perencanaan Sistem Infomasi UG-TechnoPark Prof. Budi Hermana.

Kunker ini dilakukan untuk kerja sama dalam rangka upaya mengembangkan sektor pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Konawe Utara berbasis teknologi.

UG-TechnoPark dipilih karena merupakan satu-satunya di Indonesia kawasan yang pengembangan teknologi pertanian, manajemen, pendidikan dan bisnis secara terpadu.

UG-TechnoPark tidak hanya mencerminkan inovasi dalam teknologi pertanian, tetapi juga menyediakan platform yang mendukung pertumbuhan sektor pendidikan dan bisnis terkait.

Baca Juga:  PPWI Gelar Diklat Jurnalistik bagi Warga Sarmi

Saat melakukan kunjungan,, Bupati Konawe Utara secara langsung menyaksikan upaya kolaboratif antara universitas dan industri untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pengembangan sektor pertanian.

Dalam pertemuan ini, pihak universitas memaparkan proyek-proyek inovatif yang sedang berlangsung, seperti penggunaan teknologi sensor untuk pemantauan tanaman, sistem manajemen pertanian berbasis kecerdasan buatan, dan program pelatihan yang fokus pada peningkatan keterampilan petani lokal.

Dalam kunjungan itu Ruksamin mengatakan bahwa kedatangan dirinya bersama sejumlah Kadis terkait merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah terjalin.

“Tujuan kami datang ke sini untuk menjalin kerja sama yang mana sebelumnya sudah dilakukan kerja sama antara Pemda Konut dan pihak Universitas Gunadarma,” ucapnya.

Ketgam : Rektor Universitas Gunadarama-TechnoPark, Prof. Margianti, S.E.,M.E, (kiri), H. Ruksamin, Bupati Konawe Utara (kanan).

Dirinya menambahkan di era revolusi industri 5.0 saat ini di butuhkan transformasi untuk pengembangan di sektor pertanian dan tanaman pangan, terkhusus di Kabupaten Konawe Utara.

Baca Juga:  Ridwan Badallah Hadir sebagai Narasumber Pembentukan KIM di Konawe

Menurutnya, pengembangan pertanian berbasis teknologi akan menambah hasil produksi bahkan mempercepat produksi sehingga dapat lebih memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“Kita kembangkan pertanian dengan teknologi supaya bisa menambah produksi kita, memperbaiki bahkan mempercepat produksi. Kalau kita mau sejahtera maka ini yang harus kita lakukan,” terangnya.

Dengan demikian, lanjut Bupati kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk mengamati, tetapi juga untuk membuka potensi kerja sama yang berkelanjutan antara Pemerintah Daerah dan lembaga pendidikan.

Bahkan, ia mengatakan akan kembali berkunjung di UG-TechnoPark dengan membawa tim-tim teknis dari Konawe Utara.

Tak hanya itu, dirinya juga mengatakan pihaknya telah menyediakan lahan dan anggaran untuk mendirikan TechnoPark di Konawe Utara.

Baca Juga:  Fachrul Razi Kembali Terpilih secara Aklamasi Ketua Komite I DPD RI

“Saya sangat terkesan, saya ucapkan terima kasih kepada ibu rektor yang sudah menerima kami, dan saya pastikan saya akan kembali di sini membawa tim-tim teknisnya, baik itu penyuluhnya, petaninya, maupun mahasiswa supaya mereka bisa belajar dan kembali ke Konut menerapkannya,” ungkapnya.

Ruksamin juga mengakui pentingnya kerja sama dengan TechnoPark akan memberikan peluang untuk mendukung pengembangan manajemen pertanian yang efisien dan memberikan akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat diwilayahnya.

“Kunjungan ini bukan hanya sebuah acara formal, tetapi lebih merupakan langkah konkret menuju transformasi sektor pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Konawe Utara,” imbuhnya.

Diakhir kunjungan tersebut, sebagai ungkapan terima kasih Bupati tak lupa memberikan cendera mata kepada Rektor UG-TechnoPark.

Diketahui turut mendampingi Bupati dalam Kunker ini, Kepala Bappeda, Kadis P&K, Kadis Tanaman Pangan, Kadis Pertanian, Kadis Keuangan, dan Kabag Prokopim.

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!