News  

Karnaval Tenun se-Sultra Resmi Berakhir, Kabupaten Wakatobi Raih Terbaik Pertama

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Kendari – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Yuni Nurmalawati menghadiri Sultra Tenun Karnaval 2023 Fashion Show Masterpiece Of South East Sulawesi dari Sultra untuk Indonesia, yang diselenggarakan langsung Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara dan berlangsung di depan Kantor Wali Kota Kendari, Minggu (3/12/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Forkopimda Sultra, Kepala Kantor Kemenkumham Sultra, Ketua Dekranasda Sultra, Para OPD Lingkup Pemprov Sultra, para bupati/wali kota se-Sultra, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara, Pimpinan Kepala OPD kabupaten/kota se-Sultra, Ketua Dekranasda kabupaten/kota yang mengikuti tenun karnaval serta Pejabat terkait.

Acara dibuka dengan penampilan dari Fashion Show Masterpiece Of South East Sulawesi, Rising Star model Sultra yang menggunakan busana tenun dari rancangan empat (4 ) desainer yakni Yayan Septian, Amir Malik, Defrico Audy dan Akbar Tan serta karnaval Kids dan Karnaval Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra.

Baca Juga:  Bupati Konsel Hadiri Launching dan Panen Perdana Bawang Merah di Desa Jati Bali

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara Belli Tombili mengatakan kegiatan tahunan ini digelar sejak tahun 2015, namun sempat terhenti tahun 2020 dan 2021 seiring pandemo Covid-19. Untuk itu dirinya berharap agar kegiatan ini bisa mempromosikan kain tenun khas Sulawesi Tenggara.

Dilanjutkan dengan karnaval dari 17 kabupaten/kota se-Sultra yang ditampilkan di acara Fashion Show Masterpiece tersebut, sehingga masyarakat menyaksikan secara langsung peserta karnaval dari 17 kabupaten/kota se-Sultra yang akan menampilkan berbagai hasil tenun yang menjadi ciri khas di kabupaten masing-masing. Serta akan dinilai oleh tim juri pada saat karnaval 17 kabupaten/kota dan dewan juri yakni Herawati, Desainer Defrico Audy dan Fatmayani.

Adapun pemenang kategori A untuk parade busana tenun daerah yakni juara Favorit adalah Dinas Cipta Karya Provinsi Sultra, terbaik Ketiga dari Dinas Sosial Provinsi Sultra, terbaik Kedua Dinas Pariwisata Provinsi Sultra dan terbaik Pertama BPSDM Provinsi Sultra.

Baca Juga:  Ratusan Supir Truk yang Beroperasi di Moramo Utara Keluhkan Kinerja Kepala KSOP Kelas II Kendari

Untuk kategori B yakni juara Favorit Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kendari, terbaik Ketiga DWP Kabupaten Konawe Selatan, terbaik Kedua DWP Kabupaten Wakatobi dan terbaik Pertama DWP Buton Utara.

Kemudian kategori C yakni juara Favorit Dekranasda Kolaka Utara, terbaik Ketiga Dekranasda Muna Barat, terbaik Kedua Dekranasda Buton Selatan dan terbaik Pertama Dekranasda Kolaka Timur.

Adapun yang menjadi juara untuk karnaval tenun tingkat kabupaten/kota se-Sultra Tahun 2023 yaitu terbaik Ketiga dari Kabupaten Kolaka Utara, terbaik Kedua Kabupaten Konawe Utara dan terbaik Pertama Kabupaten Wakatobi. (W/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!