News  

Buka Kegiatan Konsultasi Publik RPJPD Konut 2025-2045, Ruksamin Harap Diberi Masukan

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Kendari – Bupati Konawe Utara (Konut) H. Ruksamin buka kegiatan konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Konawe Utara Tahun 2025-2045.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Plaza Inn Kota Kendari ini dihadiri Wakil Ketua II DPRD Konut, Forkopimda Konut, Kepala Instansi Vertikal Konut, dan Kepala Bank BPD Konut.

Selain itu kegiatan ini juga diikuti Kepala OPD, Kabag, camat, dan lurah lingkup Pemda Konawe Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapatkan masukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap rancangan awal RPJPD Kabupaten Konawe Utara tahun 2025-2045. Serta Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Baca Juga:  PJ Gubernur Sultra Harap Kepala Daerah Implementasikan Strategi Exit Pengendalian Inflasi

H. Ruksamin dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penting dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Konawe UtaraTahun 2025-2045.

“Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2014 tentang RPJPD Kabupaten Konawe Utara Tahun 2005-2025 akan berakhir dua (2) tahun lagi, maka sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pemda Konut diwajibkan menyusun kembali rencana pembangunan dua puluh tahun ke depan dalam bentuk dokumen RPJPD Kabupaten Konut 2025-2045,” jelas Ruksamin, Senin (4/12/2023).

Penyusunan rancangan awal RPJPD Kabupaten Konawe Utara, lanjut Ruksamin, merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusun dengan berpedoman pada Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dengan visi menuju “Indonesia Emas 2045” yaitu mewujudkan Indonesia sebagai negara nusantara berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

Baca Juga:  Disperindag Kota Kendari Tindaklanjuti Keluhan Masyarakat Terkait Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

Dikatakannya juga bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Pemda untuk membuka secara luas partisipasi dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah, yang dimulai sejak tahap perencanaan di mana hasil tersebut akan menjadi pertimbangan dalam penyempurnaan RPJPD Kabupaten Konawe Utara tahun 2025-2045.

“ini tentu tidak bisa dilakukan secara sepihak, diharapkan sinergi dan kolaborasi yang kuat untuk mewujudkan pembangunan di Konawe Utara,” ucapnya.

Selanjutnya ia berharap melalui RPJPD tersebut Kabupaten Konawe Utara dapat menjadi daerah maju di masa yang akan datang. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan sebuah rencana yang matang dan terencana dengan baik.

“Saya berharap dapat diberikan masukan apa yang menjadi bapak ibu inginkan untuk konawe Utara, insya Allah kalau begini cita-cita untuk Konawe Utara yang lebih berdaya saing dapat terwujud,” tutupnya.

Baca Juga:  Yusran Akbar: Bantuan Perbaikan JUT di Desa Olo'Onua Tongauna Utara Bakal Tergarap 40 Ha Sawah Baru

Acara tersebut dilanjutkan dengan pemaparan RPJPD Konawe Utara oleh Konsultan Perencana dan Ceo Pusbangsim Andi.

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!