News  

Kominfo Konsel Pastikan Jaringan Internet pada Seleksi CPNS Tanpa Hambatan

Avatar photo

Mediasultra.co.id II Konawe Selatan – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo dan Sandi) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadi penopang utama kelancaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun 2023, Kamis (30/11/2023).

Pasalnya, seleksi tersebut menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diketahui bersama dalam pengoperasiannya bertumpu pada akses jaringan internet (Online) dengan ketersediaan komputer sebanyak seratus unit.

Penjabat (PJ) Kepala Dinas Kominfo Konsel, I Putu Darta melalui Kepala Bidang Teknologi, Informatika dan Komputer (TIK) Kiken Sukma Batara menjelaskan, pihaknya bersama tim memastikan fasilitas akses jaringan internet aman selama empat hari tes CAT berlangsung.

“Keterlibatan kami diseleksi ini cukup banyak, yang pertama akses internet dengan manajemen bandwidth dan bandwidth backup. Yang kami sediakan saat ini, bandwidth provider utama sebesar 1000 Megabit per second (Mbps) namun maksimal yang digunakan sebanyak 800 Mbps. Kemudian untuk jaringan backup kurang lebih sebesar 50 Mbps dari PT Telkom,” ujar Kiken sapaannya.

Baca Juga:  PPWI Buka Pendaftaran Peserta Sertifikasi Kompetensi Wartawan, Ini Syaratnya

Selanjutnya, sambung Kiken, instalasi perangkat jaringan beserta komputer yang tentunya sarana tersebut dibantu oleh pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN) secara teknis pengoperasian sistem.

“Tim Kominfo stanby mengontrol baik pada monitoring manajemen bandwidth utama maupun backup untuk memastikan kegiatan tersebut tanpa hambatan, seperti, trouble jaringan listrik padam maupun hal lain yang berpotensi mengganggu efektivitas jalannya seleksi tersebut,” ujarnya.

Ketersediaan Personal Computer (PC) yang digunakan cukup memadai pasalnya, peserta tes CAT telah dibagi beberapa sesi perharinya oleh pihak BKPSDM Konsel selama empat hari.

“Sebanyak 80 unit ketersediaan PC yang digunakan, sementara untuk PC backup atau cadangan sebanyak 20 unit,” pungkas Kiken.

Untuk diketahui, seleksi CAT tersebut dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Konawe Selatan yang dimulai pada hari Selasa, 28-1 Desember 2023.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Buka KTT ke-42 ASEAN Tahun 2023 di Labuan Bajo

Proses seleksi dibagi beberapa sesi. Sejak dibuka hingga Kamis mendatang proses seleksi CAT dibagi tiga sesi. Sementara hari Jum’atnya dibagi dalam dua sesi. Masing-masing sesi sebanyak 76 peserta. Jum’at dibagi dua sesi dengan jumlah peserta sebanyak 75 peserta. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 833 yang mengikuti tes di Konsel dan 66 peserta melakukan tes di wilayah lain, sementara untuk ketersediaan kuota penerimaan sedikitnya 294 orang. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!