News  

Pemkab Konut Gelar Seminar Pertanian Rama Iklim

Avatar photo

Mediasultra.co.id, Konawe Utara – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar seminar rama iklim yang diselenggarakan di Kantor Aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kamis (14/9/2023).

Dalam seminar tersebut turut hadir, Asisten I Sapruddin, Kadis Pertanian, Ir. Sadeli, Kepala BMKG Aris Yunatas, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra Sarmin, Sp, Sekretaris Pertanian Alham Kurniawan, Kabid Tanaman Pangan Ir. Armawati, Ketua Kelompok Tani se-kabupaten Konawe Utara.

“Dalam seminar ini telah menjadi isu perubahan iklim dan sangatlah penting bagi kita untuk mengantisipasi dalam menghadapi perubahan iklim, serta akan berdampak di sektor pertanian,” ucap Sapruddin mengawali sambutannya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Nyatakan Kesiapan Indonesia Gelar KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

Sapruddin juga menyampaikan bahwa dampak perubahan iklim yang dirasakan relatif besar, sehingga untuk mengatasi perubahan iklim ini ada tiga aspek utama, yakni antisipasi, mitigasi dan adaptasi.

Olehnya itu Sapruddin menghimbau tantangan yang dihadapi oleh sektor pertanian, terutama dari dampak perubahan iklim cukup sulit mengingat beberapa jenis tanaman banyak yang sensitif terhadap berbagai perubahan iklim.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Tanaman Pangan Armawati mengungkapkan perubahan iklim yang terjadi secara global disebabkan oleh pemanasan global dan didorong oleh emisi gas karbondioksida.

“Dampak yang sedang dihadapi oleh sektor pertanian adalah meluasnya defisit ketersediaan air yang dapat menurunkan luas tanam dan panen, olehnya itu Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan melakukan seminar rama iklim menjadikan solusi bagi masyarakat serta seluruh kelompok tani se-Kabupaten Konawe Utara mejadi masyarakat yang kuat dan sejahtera serta berdaya saing,” tutupnya.

Baca Juga:  Pemprov Sultra dan DPRD Sepakati Perubahan KUA dan PPAS

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!