News  

Pemkab Konut Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten

Avatar photo

Konawe Utara, mediasultra.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten. Musrenbang kabupaten tersebut digelar berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dan untuk memenuhi tahapan demi tahapan dalam penyusunan RKPD Kabupayen Konawe Utara Tahun 2024, sebagaimana diatur dalam Pasal 94 Permendagri No. 86 tahun 2017 yang mengamanatkan kepada BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) untuk melaksanakan dan mengkoordinasikan Musrenbang RKPD ini.

Musrenbang yang dilaksanakan di GOR Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut dihadiri oleh Bupati Konawe Utara Dr. Ir. H. Ruksamin, S.T., M.Si.,IPU.,ASEAN. Eng, Wakil Bupati H. Abu Haera, S.Sos.,M.Si, Pimpinan dan Anggota DPRD Konut, jajaran FORKOPIMDA, Kepala BAPANAS RI Ibu Duma Sari Simbolon, para pimpinan lembaga, Instansi Vertikal Konut, Kepala Balai Kementrian PUPR, Kepala BPDAS-HL SAMPARA, Kepala BKSDA Sultra, Kepala BAPPEDA Provinsi Sultra, Sekertaris Daerah (Sekda) Konut, perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra, para Kepala OPD, para Pimpinan BUMN, BUMD dan perusahaan swasta di Kabupaten Konawe Utara, Kapus, Camat, lurah, serta para Tokoh Masyarakat. Selasa (14/03/2023).

Baca Juga:  Program Keladi Sagu Satgas Binmas Wilayah Pegunungan Bintang

Dalam sambutannya, selaku pimpinan tertinggi di Kabupaten Konut, H. Ruksamin menyampaikan bahwa sistem perencanaan pembangunan nasional telah mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis, teknokratis, partisipatif, top down dan aspiratif (bottom up) dalam penyusunan rencana pembangunan daerah, yang diselaraskan melalui mekanisme Musrenbang secara berjenjang mulai dari desa hingga nasional.

”Tahap Musrenbang ini merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyepakati rancangan RKPD tahun 2024. Untuk itu, saya mengharapkan kepada seluruh komponen yang hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga Musrenbang RKPD ini dapat menyerap aspirasi yang akan dipaduserasikan dengan kebijakan dan program pembangunan lemerintah (top down planning) dalam Rakortekbang provinsi, forum Musrenbang provinsi, dan nasional selanjutnya,” ungkap H. Ruksamin.

Pemda Konut, kata Ruksamin, telah menetapkan visi dan misi 2021-2026 sebagai pedoman utama perumusan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, yang dijabarkan dalam 6 misi pembangunan yaitu, pertama, peningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), kedua, meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar dan sarana prasarana kawasan pemukiman, ketiga, mewujudkan keadilan sosial dan nilai tambah dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) guna meningkatkan daya saing ekonomi, keempat, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan pelayanan publik yang prima, dan yang kelima, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, serta yang keenam, membangun peradaban masyarakat yang bertumpu pada nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan lokal.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Hadiri Muskerda BPD-KKSS Kolaka Timur

Bupati H. Ruksamin juga mengungkapkan bahwa RKPD tahun 2024 yang akan datang adalah pelaksanaan tahun ke-3 dari implementasi RPJMD 2021-2026 dengan tema pembangunan ”Pemantapan Daya Saing Daerah dan Peningkatan Produktivitas untuk Pertumbuhan Berkualitas.

”Dari berbagai prioritas pembangunan, sesungguhnya semuanya adalah prioritas dan semuanya benar-benar dibutuhkan untuk peningkatan SDM dan pemenuhan sarana prasarana, maupun untuk pemenuhan pembangunan lainnya. Akan tetapi di sisi lain, tingkat kemiskinan, ketimpangan pendapatan, tingkat pengangguran terbuka, resiko stunting bayi baru lahir, dan ancaman inflasi merupakan pekerjaan kita semua untuk diselesaikan di tahun 2024,” ungkap pria yang baru saja memasuki usia 50 tahun tersebut.

Selaku pemangku kebijakan tertinggi di Kabupaten Konawe Utara, Ruksamin juga tidak lupa mengajak seluruh jajarannya untuk bersama-sama memperkuat koordinasi antar perangkat daerah, berpikir terbuka dan inovatif, agar pembangunan daerah dapat sesuai visi misi, serta menjadikan RKPD sebagai acuan, sehingga tercipta perencanaan yang selaras dan berkualitas, dan Konawe Utara yang lebih sejahtera dan berdaya saing dapat terwujud.

Baca Juga:  MTQ Bakal Digelar Bulan Mei, Kabag Kesra Konsel: Peserta Diprioritaskan Anak Lokal

Diketahui, dalam acara Musrenbang tingkat Kabupaten Konawe Utara ini juga Pemerintah Daerah melakukan launching inovasi daerah yaitu PPKP (Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan) yang dari program ini diharapkan dapat menjawab tantangan ke depan yaitu penanganan gizi buruk atau stunting, peningkatan perekonomian masyarakat, dan pencegahan inflasi.

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!