News  

Buka Bimtek Penguatan BUMDesa, Surunuddin: BUMDes Dapat Membuka Usaha Penunjang Pariwisata

Konawe Selatan, mediasultra.co.id – Terdapat beberapa faktor penting penunjang dalam pembangunan suatu wilayah desa, diantaranya perlu penataan dan pemanfaatan tata ruang pembangunan secara optimal dan peningkatan kemampuan Dumber Daya Manusia (SDM) sebagai insan pembangunan.

Khususnya pada peningkatan kapasitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada para aparatur Pemerintahan Desa.

Peningkatan kapasitas pengelolaan BUMDesa tentunya membantu mensejahterakan masyarakat pedesaan sekaligus mendukung tujuan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pemerintah pusat.

Dan yang dicanangkan di daerah, menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat sesuai Tagline Pembangunan Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) di bawah Kepemimpinan Bupati H. Surunuddin Dangga, S.T.,M.M bersama Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si.

Pentingnya hal itu. Pemda Konawe Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembentukan dan Penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) kepada 87 kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2022 beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Kawasan Industri Baru Bakal Dibangun, Wali Kota Kendari Harap Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Kegiatan yang digelar di salasatu Hotel di Kendari ini dibuka langsung Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Hj. Sitti Chadidjah, Ketua TP4D Samsu dan Kadis DPMD Anas Mas’ud, Senin (12/12/2022) malam.

Bupati Surunuddin mengatakan percepatan pertumbuhan dan pembangunan di Konsel basisnya adalah desa karena mayoritas masyarakat berada di desa. Dana Desa dapat mendorong pengembangan potensi desa sesuai potensi unggulan masing-masing dengan memaksimalkan produksinya. Selanjutnya pengelolaan hasil produksi masyarakat ini dapat di manfaatkan oleh BUMDesa dengan menjadi unit usaha, sebagai penyedia peralatan dan kebutuhan lain hingga pembelian dan penjualannya.

“Sedangkan desa yang memiliki potensi wisata, BUMDes dapat membuka usaha penunjang pariwisata, misalnya menyiapkan home stay dan penunjang lainnya,” sambungnya.

Bupati 2 Periode ini meminta Dana Desa Tahun 2023 menganggarkan pengembangan SDM masyarakat dan aparatur desa agar unggulan potensi desa terkelola maksimal melalui BUMDesa demi mendorong perekonomian dan kemajuan Desa. Termasuk membantu masyarakat kurang mampu, dengan mengikutsertakan dalam premi BPJS ketenagakerjaan agar masyarakat desa mendapat santunan perlindungan sosial, beasiswa, kecelakaan kerja dan kematian yang bermanfaat bagi diri dan keluarga terdampak. Harapannya keluarga miskin mendapatkan jaminan dengan kualitas hidup yang lebih baik di masa mendatang.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Koltim Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum UMKM

BUMDesa, kata Politisi Golkar ini dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat kreatif untuk bersama-sama memajukannya. Disaat yang sama ketika BUMDesa berkembang bisa memberikan peningkatan pendapatan bagi pengurus dan selanjutnya peningkatan ekonomi masyarakat Desa.

Konawe Selatan, terang Bupati Surunuddin, didorong untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE), BUMDesa termasuk didalamnya, sehingga Tahun 2023 masyarakat bisa mengakses secara Eletronik, dinamis dan terupdate setiap saat.

Olehnya itu, masih Surunuddin, Dinas PMD sebagai leading sektor harus memiliki data base kondisi BUMDesa se-Konawe Selatan. Sehingga tersaji informasi data yang akurat secara real-time, mulai dari BUMDesa aktif, kurang aktif dan tidak aktif, agar bisa terpetakan dan dapat kita susun kebijakan penanganannya dan bagaimana meningkatkan produktifitas BUMDesa di Konawe Selatan.

Baca Juga:  Bupati Konsel Hadiri Peresmian Dua Rumah Restorative Justice Adhyaksa

Sementara Kadis PMD Konsel Anas Mas’ud mengatakan bahwa Bimtek selama dua Hari mulai tanggal 12 – 13 Desember 2022 dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi kepada 87 kepala desa terpilih terhadap BUMDesa sebagai lembaga yang mampu mendayagunakan segala potensi ekonomi, Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusianya demi meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat desa menuju terciptanya Desa Maju Konsel Hebat.

Diketahui, disela-sela Bimtek, Bupati bersama Sekda Konsel menyerahkan klaim Asuransi dari BPJSNAKER kepada keluarga terdampak senilai puluhan juta beasiswa dan ratusan juta santunan kematian bagi aparatur desa Ataku Kecamatan Andoolo Dan Desa Lalowila Kecamatan Palangga. (As).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *