Porprov XIV Resmi Ditutup, Kota Kendari Keluar sebagai Juara Umum

Avatar photo

Baubau, mediasultra.co.id – Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi resmi menutup Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara XIV yang dilaksanakan di Kabupaten Buton dan Kota Baubau, Sabtu malam, (03/12/2022).

Dalam sambutannya Gubernur Ali Mazi sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Porprov di Kabupaten Buton dan Kota Baubau.

“Saya ucapkan selamat kepada para atlit mudah-mudahan bisa lebih maju diajang yang lebih tinggi lagi, dalam rangka PON di Aceh nanti,” katanya.

Dia juga mengucapkan selamat kepada Kota Kendari yang sudah meraih juara umum, Kabupaten Konawe Utara di peringkat kedua serta peringkat ketiga di tempati Kota Baubau.

Pasca Kota Kendari ditetapkan sebagai Juara Umum, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu beserta Forkopimda Kota Kendari langsung menyambangi posko induk pemondokan atlit kontingen Kota Kendari.

Disela kunjungan tersebut, Pj. Wali Kota menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua atlit pada 39 Cabor kontingen Kota Kendari atas kerja keras dan segala ikhtiar dalam mempersembahkan yang terbaik dan mengharumkan nama daerah dalam ajang Porprov XIV sehingga berhasil mempertahankan predikat Juara Umum.

Baca Juga:  Wabup Konut Buka Kegiatan Porseni Tingkat Kecamatan Oheo

“Tentu ini berkat kerja keras, upaya, langkah, dan ikhtiar dari para atlit yang tergabung dalam kontingen Kota Kendari didukung oleh pelatih yang memastikan para atlit dalam berlaga dalam kondisi yang prima, dan dukungan dari semua stakeholder termasuk pembinaan dari KONI,” tuturnya.

Dia juga sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh elemen yang terlibat dalam kontingen Porprov XIV Kota Kendari, khusususnya kepada masyarakat Kota Kendari yang senantiasa mendoakan keberhasilan para atlit sehingga berhasil menjadi juara umum.

Untuk bonus para atlit yang meraih medali sudah di siapkan oleh Pemerintah Kota Kendari.

“Untuk per orangan peraih medali emas mendapat 20 juta rupiah, untuk perak 12,5 juta rupiah, sedangkan untuk perunggu 7,5 juta rupiah, untuk kategori kelompok (beregu) tentu akan ada perbedaan, termasuk kita akan berikan bonus kepada para pelatih,” ujar Asmawa.

Baca Juga:  Buka Sepak Bola Mini, Pj Bupati Koltim Ajak Masyarakat Hormati Jasa Pahlawan 

Pj. Wali Kota menambahkan, proses pencairan bonus tetap ada mekanisme administrasi, dan menunggu penetapan pemenang secara resmi dari KONI Sultra.

“Namun kami akan secepatnya memastikan dan tidak akan memakan waktu yang terlalu lama untuk pencarian bonusnya,” tutup Pj.Wali kota.

Sementara itu Ketua KONI Kota Kendari Alamsyah Lotunani menyampaikan rasa bahagianya selepas kontingen yang dipimpinnya menjadi juara umum.

“Memang dalam perjuangan itu tentu melalui strategi-strategi tertentu dengan sangat ketat persaingan, dengan strategi yang saya gunakan Alhamdulilah bisa efektif,” ungkap Mantan Sekda Kota Kendari ini.

Diketahui, Kota Kendari berhasil mengumpulkan perolehan 115 Medali emas, 97 perak, dan 111 perunggu, dengan jumlah keseluruhan 323 medali.

Baca Juga:  Cabor Kempo Konut Keluar sebagai Juara Umum pada Porprov XIV di Buton dan Baubau

Sementara diperingkat kedua ditempati Kabupaten Konawe Utara dengan perolehan 114 Medali emas, 87 perak, dan 77 perunggu, dengan jumlah keseluruhan 278 medali.

Diperingkat ketiga ditempati Kota Baubau dengan perolehan 69 Medali emas, 63 perak, dan 108 perunggu, dengan jumlah keseluruhan 231 medali.

Kontingen Kota Kendari pada Porprov Sultra XIV kali ini mengikuti 39 Olahraga, di mana ada 13 Cabang Olahraga yang tampil sebagai juara umum. (Ja’a).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!