News  

Dinas Pertanian Konut Gelar Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian dan Peternakan

Avatar photo

Konawe Utara, mediasultra.co.id – Dinas Pertanian Konawe Utara (Konut) menggelar penyuluhan pada kelompok tani yang bertempat di Aula Kantor Pertanian Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara,.Provinsi Sulawesi Tenggara. Rabu (16/11/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas tanaman pangan dan peternakan Kabupaten Konawe Utara yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pertanian Aswadi, S.Sos, M.M Camat Asera Aswar, S.H.,M.H dan para Kabid tanaman pangan dan penyuluh pertanian serta para kelompok tani se-Kecamatan Asera.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pertanian Aswadi, S.Sos menyampaikan bahwa kelompok tani adalah program penyuluhan pertanian tingkat kecamatan.

“Penyuluhan pertanian ini digelar guna menampung aspirasi dan usulan petani dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian wilayah dan program pembangunan pertanian yang menggabarkan keadaan, tujuan yang dicapai, masalah yang terjadi di lapangan serta alternatif pemecahannya, serta cara mencapai tujuan yang di susun secara partisipatif, sistematif dan tertulis setiap tahun,” jelas Aswadi.

Baca Juga:  PJ Gubernur Sultra Lantik PJ Bupati Kolaka

Salahsatu upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pertanian, kata Aswadi, adalah melalui penyuluhan, perubahan pola pikir, perilaku dan sikap petani, dari petani tradisional menjadi petani modern yang berwawasan agribisnis melalui pelatihan, kursus temu lapangan, study penyuluh dan pembelajaran yang berkelanjutan dilaksanakan dengan pendekatan belajar sambil berusaha yang menitik beratkan pada pengembangan manajerial, kepemimpinan, dan kewirausahaan pelaku utama dan pelaku usaha sektor pertanian.

Aswadi juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya penyuluhan ini.

“Tak lupa saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini akan menjadi momen yang positif, untuk memantapkan sistem penyelenggaraan penyuluhan pertanian yang meliputi aspek penataan kelembagaan, ketenangan, penyelenggaraan penyuluhan, sarana dan prasarana, serta pembiayaan penyuluhan,” tutup Aswadi.

Baca Juga:  Terkait Tambang Ilegal, Agus Flores Sampaikan Ini ke Presiden

Laporan : Abdul Haris Gose.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!