News  

LAT Sultra Lantik Penjabat Wali Kota sebagai Sesepuh Kota Kendari

Kendari, mediasultra.co.id – Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu dikukuhkan dalam kegiatan “Pomberehua” atau pelantikan sebagai “Apuno Mokoleno Kota Kendari” atau Sesepu Kota Kendari oleh Lembaga Adat Tolaki atau LAT Sultra di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Kamis (10/11/2022).

Sebelum dilantik, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menerima Tolea Pabitara dari Lembaga Adat Tolaki untuk meminta izin kepada Pemerintah Kota Kendari atau “Mombesara Wonua” untuk melaksanakan prosesi adat.

Pj Wali Kota Kendari yang menerima Tolea Pabitara ini mengatakan, telah menerima “Osara” atau aturan-aturan adat, mudah-mudahan Tuhan selalu memperhatikan kita.

“Kuterima ito osara, pokolako keitoto ino peowaiha, mudah-mudahan Ombu hata’ala, lalaingi humurapekeito, waraka mendido’a, mokora, ato tulei wawosaukei wonua inono lipu ikandari, iye ingomiu,” ucapnya.

Baca Juga:  Hidayatullah: Program Desa Digital Mudahkan Akses Pelayanan dan Ekonomi Desa

Selanjutnya Asmawa Tosepu, menerima “Pombesau’a Songgo Sorume atau pengukuhan dan wejangan dari Lembaga Adat Tolaki dan menerima “Petiari’a Ta’awu Wonua Ikandari” atau penyerahan pusaka Tolaki Kota Kendari.

Di tempat yang sama Sekretaris daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala juga dikukuhan sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Penelitian dan Pengembangan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan Dewan Pengurus Pusat Lembaga Adat Tolaki masa bakti 2020-2025.

Usai dikukuhkan, Pj Wali Kota mengucapkan apresiasinya kepada DPP LAT dan DPD LAT Kota Kendari yang telah memberikan tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai ibukota provinsi.

“Tanggung jawab ini insya Allah akan kami laksanakan, sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas pemberian sebagai, kalau bahasa daerahnya Ulu Sala Wonu’a atau pemimpin negeri di Kota Kendari ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Agus Flores Mulai Jujur, 34 Ribu Wartawan FRN Dipersiapkan Bela Polri

Asmawa Tosepu juga mengharapkan semua elemen dapat menjaga kondusifitas, kerukunan, dan jaga situasi Kota Kendari ini, sehingga program yang telah dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan optimal.

Sementara itu, Ketua DPP LAT Sultra Masyur Masie Abunawas mengatakan, pelantikan sakral yang mengandung makna bahwa di Kota Kendari adalah bagian dari Kerajaan Konawe. Kota Kendari ini adalah bagian dari Siwole Mbatohu.

“Kerajaan konawe dikenal empat wilayah, kemudian Kendari bagian dari Siwole Mbatohu itu wilayah Tambo Ilosoano Oleo, yang berada di Kota Kendari dan sekitarnya,” jelasnya.

Pomberehua ini dikatakanya akan dilaksanakan kepada setiap pemimpin di Kota Kendari dan wilayah-wilayah yang masuk di kerajaan Konawe sebagai adat yang akan dilestarikan.

Baca Juga:  Sulwan Aboenawas Hadiri Acara Ngaben Massal

Dalam Pomberehua ini dihadiri oleh Kepala OPD lingkup Kota Kendari, Camat dan Lurah, Forkopimda serta Paguyuban yang ada di Kota Kendari. (Ja’a).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *