Puskesmas Oheo Gelar BIAS pada Anak Usia Dini

Konawe Utara, mediasultra.co.id – Puskesmas Oheo gelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada anak usia dini umur tujuh (7) sampai 13 tahun bertempat di SDN 5 Oheo, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Rabu (26/10/2022).

Saat pelaksanaan BIAS Kepala Puskesmas Oheo Rita, S.Kep. NS didampingi oleh staf Mariyono Sinapoy, A.Md.,Kep Hadua. S, Kep.Ns Sri Angraeni,S.Kep.Ns, Susiyanti, S.Kep.Ns.

Kepala Puskesmas Oheo menyampaikan bahwa BIAS ini merupakan imunisasi lanjutan yang diberikan pada anak Sekolah Dasar (SD) umur tujuh (7) sampai 13 tahun.

“Ini merupakan imunisasi lanjutan, di mana sebelumnya telah dilakukan BIAS pada bulan Agustus dan November,” jelas Rita.

Rita juga menyampaikan bahwa tujuan BIAS pada anak usia dini adalah memberikan kekebalan terhadap campak yang diperoleh saat imunisasi bayi sudah menurun.

Baca Juga:  Putri Agustina Wahid asal Sultra Terpilih Menjadi Bidan Inspiratif untuk Negeri 2022

“Campak merupakan penyakit infeksi yang disebabkan virus campak bagi anak usia sekolah. Untuk itu diwajibkan imunisasi BIAS demi kekebalan tubuh agar kebal dengan segala penyakit,” ujar Rita.

Bukan hanya itu, kata Rita, sasaran imunisasi bagi anak usia dini tersebut merupakan salasatu pendorong kesehatan dan mencegah penyakit diare, kerusakan otak, ketulian, kebutaan, dan penyakit jantung bawaan.

“Untuk mencegah penyakit tersebut maka diberikan vaksin Measle Rubele yang bisa mencegah bakteri, tetanus, dan batuk rejalo (Pertusis),” beber Rita.

Sementara, masih Rita, untuk mencegah penyakit menular seksual seperti kanker seruiks (Kanker mulut rahim) diberikan vaksin Humas Papilloma Virus (HPU).

“Jadi inilah tujuan imunisasi di tiap-tiap sekolah untuk mencegah segala penyakit bagi anak kita yang masih sekolah,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kepsek SDN 4 Oheo Buka Kegiatan Sosialisasi Terkait Imunisasi Anak Usia 6-11 Tahun

Laporan : Abdul Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *