Ekobis  

Bupati Konsel Bersama Exim Bank Tandatangani MoU Klaster Desa Devisa

Mediasultra.co.id || Kendari – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama dengan Bank Indonesia (BI) Sultra mengadakan seminar edukasi keuangan dengan tema “Peran Digitalisasi Dalam Mendorong Peningkatan Inklusi Keuangan”.

Seminar yang merupakan rangkaian penutup dari Expo UMKM yang telah dilaksakan pada tanggal 20 hingga 23 Juli 2022 di pelataran Eks-MTQ Kendari ini dilaksanakan di salasatu hotel di Kendari, Kamis 4 Juli 2022.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan penandatanganan kerja sama (MoU) klaster Desa Devisa bersama Exim Bank dan Bupati Konawe Selatan (Konsel).

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, Desa Devisa merupakan program pendampingan yang diinisiasi oleh Indonesia Exim Bank berbasis community development.

Baca Juga:  Wapres RI Letakkan Batu Pertama Pembangunan Industri Smelter di Desa Ranombupulu

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat lokal dan mengembangkan komoditas unggulan desa, khususnya di Konsel. Komoditas unggulan tersebut yakni kopi.

“Lewat MoU ini, kita mendapat dukungan dari BI. Di mana BI melakukan pendampingan kepada para kelompok tani di desa hingga proses pemasarannya,” kata Surunuddin.

Menurutnya, lewat MoU ini Pemkab Konsel siap memberikan fasilitas apapun yang dibutuhkan para kelompok tani.

“Seperti akan ada study banding di kelompok tani ke Jember. Hal ini dilakukan agar komoditas unggulan ini bisa diekspor,” ujar Surunuddin.

Ke depan, katanya, tak hanya kopi, sawit dan porang juga mulai digarap.

“Semua di 336 desa di Konsel kita akan kembangkan berdasarkan potensinya. Ada sawit, kopi dan porang,” pungkasnya. (MS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.