News  

KLPP Konsel Soroti Pembangunan Pasar Modern di Desa Andoolo Utama

Mediasultra.co.id || Konawe Selatan – Konsorsium Lembaga Pemerhati Pembangunan (KLPP) Konawe Selatan (Konsel), soroti pembangunan pasar modern di Desa Andoolo Utama Kecamatan Buke. Bangunan yang bersumber dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dinilai cacat kontruksi. Senin (1/8/2022).

Bentuk protes pulahan pemuda yang tergabung dalam lembaga tersebut disampaikan melalui aksi unjuk rasa di kantor Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Konsel.

Iswan Safar, selaku koordinator aksi, dalam orasinya mengaku bahwa progres pengerjaan bangunan itu ditemukan beberapa bagian kontruksi yang diduga dikerjakan asal-asalan. Hal itu kata Iswan, berdasarkan temuan hasil investigasi KLPP di lapangan.

“Beberapa item pekerjaan yang kami nilai dikerja asal-asalan yakni, pengerjaan besi dan sambungan anyaman besi slop tidak sesuai gambar, selain itu para pekerja tidak dibekali alat kesehatan dan keselamatan kerja,” kata Iswan.

Baca Juga:  Satgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 Laksanakan Giat KOTEKA

“Sangat disayangkan, pihak perusahaan tidak menerapkan Standar Oprasional Proseder (SOP),” sambung Iswan.

Olehnya itu, Dinas Perindag sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Penjabata Pembuat Komitmen (PPK) serta tim teknis diduga tidak melakukan pengawasan yang baik kepada pihak perusahaan yang menangani proyek tersebut.

Atas dasar itu, sehingga KLPP Konsel mendesak, Bupati dan Wakil Bupati, DPRD Konsel dan Kadis Perindag untuk segera meninjauh langsung progres pembangunan pasar moderen tersebut.

Sementara itu, Plt Kadis Perindag Konsel Saribana, saat menemui massa aksi mengungkapkan terima kasih kepada KLPP Konsel yang telah membantu pemerintah dalam melakuan pengawasan disektor pembagunan.

“Aspirasi adik-adik sudah saya terima dengan senang hati, olehnya itu apa yang menjadi tuntutan massa aksi secepatnya akan ditindak lanjuti,” ucap Saribana.

Baca Juga:  Yusran Akbar: KADIN Konawe Bersama UBP Group Berbagi Daging Kurban dan Berbagi Bahagia Bersama Warga

Terkait temuan KLPP Konsel, adanya item yang diduga dikerja asal-asalan atau tidak sesuai RAB, Saribana berjanji akan segera turun lapangan mencari faktanya tersebut.

“Terkait pengawasan umum, kami sudah jadwal setiap minggunya untuk melakukan kontrol di lapangan, namun untuk pengawasan secara teknis, itu ada rana yang menangani,” terang Saribana.

Usai ditemui oleh Kadis Perindag, massa aksi kemudian melanjutkan unjuk rasa di Kantor Bupati Konsel. Menindak lanjuti aduan tersebut, mewakili Pemerintah Daerah Wakil Bupati Rasyid jadwalkan besok bakal kunjungi pasar Andoolo Utama guna mengecek langsung progres pengerjaan proyek pasar. (MS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.