News  

Pemilik Lahan di Kecamatan Andowia Sepakat Jalin Kerja Sama dengan KSO-BASMAN

Avatar photo

Mediasultra.co.id || Konawe Utara – KSO-BASMAN jalin kerja sama dengan pemilik lahan di Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara. Hal itu terjadi ketika pihak management KSO-BASMAN membuka ruang diskusi dengan warga pemilik lahan pada tanggal 16 Juni 2022.

Dalam kesempatan itu, puluhan perwakilan warga terlihat serius mendiskusikan keberadaan lahan mereka yang terdiri dari ratusan hektar masuk di lokasi KSO-BASMAN.

Pertemuan yang dilaksanakan di rumah kediaman Basman berlangsung dari pukul 14:00 WITA sampai selesai. Kedua belah pihak pun sepakat untuk berdamai.

Salasatu pemilik lahan yang juga mewakili warga Kecamatan Andowia, Fit mengatakan bahwa selama ini saling mencurigai, tapi dengan adanya kesepakatan ini yang perjanjian sudah jelas tentu akan memuluskan perjalanan perusahaan.

Baca Juga:  Polres Konut Peringati HUT Polwan ke-75, Dirangkai dengan Peringatan Ulang Tahun Personil

“Sebelum mencapai sepakat berdamai, pihak perusahaan diminta oleh warga untuk memenuhi beberapa persyaratan supaya penambangan KSO-BASMAN bisa tetap beroperasi tanpa ada hambatan lagi,” bebernya.

Antara warga, lanjut Fit, dengan pihak KSO-BASMAN sudah selesai, dan telah menemukan kata sepakat, yang mana pihak perusahaan dipastikan memberikan kearifan lokal dengan angka Dollar Amerika yang diplot lokasi kami ada 106 hektar, terletak di Kecamatan Andowia.

Di tempat yang sama, perwakilan pemilik lahan menyampaikan bersiap untuk menjaga dan memastikan proses pelaksanaan kegiatan pertambangan tetap berjalan, yang mana ada ratusan Kepala Keluarga Kecamatan Andowia otomatis memiliki hasil dari usaha pertambangan KSO-BASMAN.

Sedangkan Pihak Perusahaan, Leo mengatakan, masyarakat dan pihak perusahaan bisa membangun sinergitas yang baik, agar terjalin hubungan yang harmonis antara keduanya, dan selalu menjaga profesinalitas dalam menjaga kesepakatan pada malam itu.

Baca Juga:  PPWI Buka Pendaftaran Peserta Sertifikasi Kompetensi Wartawan, Ini Syaratnya

“Semoga dengan adanya kesepakatan ini, KSO-BASMAN dengan warga Kecamatan Andowia yang memiliki lahan di sana dapat bersinergi dan selalu menjaga hasil kesepakatan kami,” ucap Leo.

Dalam kesepakatan tersebut dilengkapi dengan surat perjanjian kesepakatan komitmen yang ditandatangani oleh Humas KSO-BASMAN selanjutnya pihak kedua perwakilan warga Andowia pemilik lahan. Dan untuk saksi-saksi perjanjian itu dilampirkan daftar hadir beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Andowia.

Sementara, Leo Humas KSO-BASMAN mengharapkan kepada semua masyarakat tetap menjaga kekompakan antar masyarakat sehingga keamanan dan ketertiban tetap bisa terjaga.

“Kami berdua selalu berkolaborasi antara perwakilan pemilik lahan untuk tetap menjaga keamanan. Untuk saya berharap kepada kedua belah pihak semoga jangan terjadi lagi permasalahan seperti ini,” tutupnya. (H).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!