News  

Hari Ini, Bupati Konsel Bakal Lantik 86 Kepala Desa Terpilih

Mediasultra.co.id || Konawe Selatan – Pelantikan 86 kepala desa terpilih pada Pilkades serentak kabupaten Konawe Selatan dijadwalkan hari ini. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Annas Mas’ud saat dikonfirmasi, kemarin.

Dirinya mengatakan pelantikan berlangsung di aula auditorium kantor Bupati Konsel, Rabu 29 Juni 2022. Berdasarkan Keputusan Bupati Konawe Selatan nomor 141/167 tahun 2022 tentang penetapan tahapan hari dan tanggal pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Konsel tahun 2022.

“Iya benar, besok (hari ini) pelantikan. Jika tidak ada halangan, pak Bupati yang akan melantik secara langsung,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut Annas berharap kepala desa yang dilantik dapat merangkul rival dan masyarakat yang bukan pendukung pada pemilihan lalu. Sehingga mau bekerjasama untuk membangun desa.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Ahli Waris H. Abdul Samad. BA Harap agar Pelaku Pengrusakan Diproses Sesuai Hukum yang Berlaku

“Kami juga mengimbau kepala desa dapat mengefektifkan pengelolaan dana desa dengan membuat kegiatan yang produktif, misal antara lain pengelolaan BUMDes dan penyediaan penyertaan modal,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Kades diminta mampu memanfaatkan potensi yang ada di desanya masing-masing. Diantaranya membudidayakan tanaman berorientasi ekspor atau pemenuhan kebutuhan pabrik yang ada di Konsel.

“Antara lain budidaya tanaman kelapa dalam, sawit, tanaman porang, ubi kayu, nilam dan berbagai tanaman produktif lainnya,” sebutnya.

Kades terpilih juga diajak mendukung program nasional untuk penanganan stunting, penanganan Covid-19 dan program lainnya. Lalu mengefektifkan kegiatan ketahanan pangan.

“Agar masyarakat desa utamanya masyarakat miskin memiliki ketahanan pangan yang baik, sehingga memiliki gizi bagus agar kasus stunting dapat ditekan,” ujarnya. (H).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *