Kadis Kesehatan Koltim Tinjau Langsung Pelaksanaan BIAN

Mediasultra.co.id || Kolaka Timur – Genjot pencapaian imunisasi anak usia 9 bulan – 12 tahun dalam program BIAN, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Timur, Barwik Sirait lakukan peninjauan langsung imunisasi di Desa Lerejaya Kecamatan Lambandia, Kamis (23/6/2022).

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang di mulai sejak 14 Juni 2022 lalu, Dinas Kesehatan Kolaka Timur aktif melakukan peninjauan pelaksanaan imunisasi di tingkat desa, dalam rangka percepatan pemberian imunisasi anak usia 9 bulan hingga 12 tahun khususnya di Kolaka Timur.

Pemberian imunisasi kepada anak bertujuan agar anak-anak dapat terhindarkan dari penyakit yang berbahaya, misalnya penyakit yang dapat di cegah oleh imunisasi adalah penyakit folio, campak, rubella dan difteri.

Baca Juga:  Wabup Konsel Soroti Minimnya Kepala OPD yang Sudah Ikuti Vaksinasi

Berdasarkan pantauan awak media saat mengikuti pelaksanaan imunisasi di Desa Lerejaya yang dilakukan oleh tim BIAN dari Puskesmas Lambandia dengan door to door di rumah warga dan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Koltim, Barwik Sirait.

Selain imunisasi, tim imunisasi tersebut juga lakukan sosialisasi kepada warga dan orang tua anak terkait pemberian imunisasi.

Tak hanya itu, tim imunisasi atau BIAN Puskesmas Lambandia juga membagikan makanan tambahan dalam bentuk biskuit kepada anak yang di imunisasi.

Barwik Sirait saat dimintai keterangannya terkait peninjauan langsung pelaksanaan imunisasi di Desa Lerejaya, mengatakan bahwa Kecamatan Lambandia merupakan kecamatan ke 10 dari 12 kecamatan di Kolaka Timur yang ia tinjau langsung.

Baca Juga:  Bupati Surunuddin Monitoring Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di SD 9 Palangga Selatan

“Yang belum saya kunjungi langsung pelaksanaan imunisasi tinggal dua kecamatan yakni Kecamatan Uluiwoi dan Uesi, namun dalam waktu dekat kami akan mengunjungi bersama tim BIAN” ujarnya.

Menurut Barwik, sapaan akrabnya, imunisasi yang dilakukan dengan cara door to door sangat efektif dalam rangka mempercepat capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional khususnya di Kolaka Timur.

Ia juga menyampaikan kepada masyarakat agar anak yang sudah mencapai usia untuk di imunisasi agar segera di imunisasi, karena dalam rangka BIAN ini hanya menyisir vaksinasi rutin, misalnya mereka yang dulu belum sempat di vaksin cacar, campak, difteri dan folio itu yang di cari untuk di imunisasi, kalau sudah di imunisasi itu tidak di cari lagi.

Baca Juga:  Gubernur Sultra Canangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional di SDN 6 Kendari

“Imunisasi yang di laksanakan di BIAN ini, untuk melengkapi anak yang belum imunisasi, karena masih di jamannya covid 19, imunisasi ini banyak terabaikan mulai Posyandu dan petugas imunisasi kurang berjalan karena semua urus covid 19” ungkapnya.

Terakhir, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat kolaka timur untuk segera mengimumisasikan anaknya supaya mendapatkan paket imunisasi lengkap agar menghilangkan penyakit-penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi.

Laporan : jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.