Ekobis  

KADIN Sultra dan KADIN Jatim Bakal Berkolaborasi dalam Upaya Pemulihan Ekonomi

Avatar photo

Mediasultra.co.id || Kendari – Sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, dipandang perlu melakukan peningkatan khususnya kerja sama perdagangan antar pulau antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Program kerja dari KADIN Provinsi Sultra dan KADIN Jawa Timur melahirkan ide misi dagang yang dibuat dalam satu kegiatan besar di mana Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Timur mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan melaksanakan kegiatan misi dagang dalam bentuk forum temu bisnis yang nantinya akan mempertemukan pelaku usaha asal Provinsi Jawa Timur dengan lelaku usaha asal Provinsi Sulawesi Tenggara.

Acara ini akan berlangsung pada hari Kamis 23 Juni 2022 jam 08.00 Wita di Hotel Claro Kendari, dan melibatkan unsur OPD Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kehutanan, Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan, DMPD, DPMPTSP, BUMD, Organisasi : KADIN, HIPMI, FORKAS, IWAPI, pelaku usaha, BUMD dan dunia perbankan.

Baca Juga:  Hari Ketiga Pasar Murah KADIN Konawe, Lima Komoditi Masih Tersedia

Dalam acara nanti akan dilakukan Penandatanganan Nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur Jawa Timur dengan Gubernur Sulawesi Tenggara, penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Pemerintahan Provinsi Jawa Timur dengan Dinas Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, KADIN Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan KADIN Provinsi Jawa Timur (Jatim) serta IWAPI, HIPMI dan FORKAS, serta pemberian santunan kepada yatim piatu, peragaan batik dan tenun khas.

Dalam acara ini KADIN Sultra mengambil peran besar dan penting dengan menghadirkan 18 para pelaku usaha yang bergerak diberbagai bidang seperti penjualan hasil bumi mete, pinang, sagu, kopra, arang batok kelapa, hasil laut/perikanan, daging sapi dan kulit, jasa konstruksi, pertambangan batu/suplit, tambang pasir, retail dan groceries, kpoi, VCO, Tenunan, dan sebagainya.

Baca Juga:  Buka Pelatihan Penyuluhan Pertanian, Bupati Ruksamin: Penyuluh Adalah Ujung Tombak

Jauh hari sebelum acara diselenggarakan pihak KADIN Provinsi Jatim telah membuka ruang kerja sama dengan mengirimkan company profile perusahaan yang akan bekerjasama.

Adapun perusahaan diantaranya yaitu PT Satriya Abadi Utama (SAU) mencari komoditi arang batok kelapa, PT Carma Wira Jatim (CWJ) mencari kulit sapi dan kambing, PT Citra Karya Marga (CKM) utama memasarkan paving blok dan produk beton lainnya, selanjutnya PT Puspa Group penyedia bahan baku pangan dan perusahaan lainnya.

Tidak menutup kemungkinan KADIN Sultra dibawah kepemimpinan Bapak Anton Timbang atau yang akrab disapa AT ini, akan mengajak kerja sama untuk membuka investasi-investasi seperti pembangunan rumah pemotongan daging sapi di Sultra sampai ketingkat pekejing dan kemasan frozen food atau bahan baku makanan beku. Potensi lain seperti Nikel dan Aspal Buton juga bisa dikerjasamakan.

Baca Juga:  Yusran Akbar Dapat Penguatan Program KADIN Sultra

KADIN Provinsi Jawa Timur dan KADIN Provinsi Sultra akan melakukan Business to Business (B2B).

Dalam nota kesepahaman antara KADIN Provinsi Jatim dan KADIN Provinsi Sultra terrtuang bahwa kedua belah pihak akan bekerjasama dalam bidang pengembangan perdagangan antara provinsi serta penyelenggaraan program pendidikan, pelatihan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Kita tetap satukan hati untuk bangkitkan ekonomi Sulawesi Tenggara. (H).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!