News  

Hadapi Pemilu 2024, KPU Provinsi Sultra Lakukan Berbagai Persiapan

Mediasultra.co.id || Kendari – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) yang bakal digelar tahun 2024 berbagai persiapan telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Iwan Rompo Banne, S.Sos.,M.Si Komisioner KPU provinsi menjelaskan terkait persiapan yang dilakukan KPU Provinsi dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024.

“Untuk saat ini kita baru melakukan berbagai kegiatan dalam menghadapi tahapan Pemilu. Yang mana tahapan Pemilu kemungkinan bulan Juni ini,” ucapnya saat ditemui di Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (8/6/2022).

Adapun langkah-langkah, kata Iwan Rompo, dalam menghadapi tahapan Pemilu diantaranya KPU Provinsi memastikan semua penyelenggara, baik yang ada di provinsi, kabupaten dan kota siap menghadapi tahapan Pemilu nanti.

Baca Juga:  Viral, Pria Misterius Ini Bagikan Uang kepada Warga Tak Mampu

“Jadi menghadapi tahapan Pemilu nanti, KPU Provinsi akan memastikan kesiapan seluruh penyelenggara baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Pertama kita memastikan soliditas dan penegakan disiplin dalam melaksanakan tugas-tugas dan kegiatan di kantor, termasuk disiplin kehadiran,” kata Iwan Rompo.

“Begitupun dengan penguatan terhadap kompetensi penyelenggara Pemilu mengenai fungsi, tanggung jawab dan kewajibannya sebagai penyelenggara Pemilu, baik jajaran Komisioner maupun jajaran sekertariat,” sambungnya.

Khusus jajaran Komisioner, lanjut Iwan Rompo, diarahkan untuk membaca semua regulasi terkait tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Sementara untuk Sekertariat yang kebetulan ada program dari KPU RI untuk menyamakan dan mengetahui semua kompetensi penyelenggara Pemilu.

“Tanggal 10 Juni 2022 tim KPU RI akan berkunjung ke Sultra untuk mengecek jajaran sekertariat dalam kesiapan menyelenggarakan Pemilu. Jadi semua pegawai negeri yang ada di KPU akan dikumpulkan untuk dilakukan pelatihan dan tes terkait kesiapan menghadapi Pemilu,” tambahnya.

Baca Juga:  Bupati Konsel Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah

Selain persiapan-persiapan tersebut, masih Iwan Rompo, KPU provinsi yang terdiri dari lima (5) Komisioner dan satu (1) Sekretaris bakal diundang oleh KPU RI.

“Jadi tnggal 13-15 Juni 2022 kita diundang oleh KPU RI untuk menghadiri rapat koordinasi terkait penyelenggaraan Pemilu tahun 2024,” pungkasnya.

Penulis : Sri.

Editor :Hb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *