Ekobis  

Yusran Akbar: Mindset Pelaku UMKM Saatnya Lebih Maju untuk Penuhi Peluang Pasar

Unaaha || mediasultra.co.id – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Konawe, Yusran Akbar ST, terus menyuarakan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mindset (pola pikir) pengusaha mikro kecil di daerah ini meningkat untuk memenuhi peluang-peluang pasar terhadap produk-produk lokal Konawe.

Hal itu disampaikan Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar yang didampingi Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Investasi, Jemi S. Imran, WKU Bidang Kewirausahaan, Tahsan Tosepu dan WKU Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat menerima sejumlah calon pengurus Forum UMKM Konawe yang sejak awal proses pembentukannya dimediasi Kadin Konawe, di Kantor Kadin, Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (23/5/2022).

Baca Juga:  Wapres RI Letakkan Batu Pertama Pembangunan Industri Smelter di Desa Ranombupulu

“Minset pelaku usaha mikro kecil kita saatnya harus lebih maju lagi untuk menangkap peluang pasar. Karena perubahan pola pikir ini yang disertai skill dan manajemen usaha untuk meningkatkan produksi UMKM yang diminati pasar,” ujar Yusran Akbar.

Selain itu, Kata Yusran, memang diharapkan pendampingan dan kepedulian dari semua stakeholder yang bersinergi untuk memajukan UMKM. Termasuk lembaga keuangan dan perbankan yang akan mendukung permodalannya.

“Untuk mencapai keinginan kita memajukan usaha mikro kecil, salasatunya melalui pembentukan forum UMKM yang sejak awal digagas dan dimediasi Kadin Konawe. Dan ini diharapkan sebagai wadah bagi pelaku usaha mikro kecil untuk bangkit dan mengembangkan usahanya untuk menjawab kebutuhan pasar,” jelas Ketua Kadin Konawe.

Baca Juga:  Wakili Kades Amasara, Kadus II Serahkan Bibit Kopi ke Warga

Lebih lanjut, Yusran, bahwa usaha UMKM sudah teruji diterpa krisis sejak pandemi Covid-19, di mana para pelaku usaha mikro kecil mampu bertahan dengan segala kemampuan dan usaha kerasnya yang secara langsung bisa berdampak terhadap konsumen di tingkat masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman pengusaha mikro kecil yang bergabung dalam forum pengusaha UMKM ini, karena dengan kontribusi langsung, bekerja dan berfikir untuk memajukan forum ini, sejatinya tampil sebagai pejuang ekonomi di daerah ini untuk kemajuan ekonomi Konawe,” tutup Yusran Akbar. (Hb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *