News  

Alhamdulillah, Konawe Selatan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Konawe Selatan || mediasultra.co.id – Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salasatu kabupaten yang akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) 50 besar desa wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Konawe Selatan, Adiwarsa Toar. Kamis, (28/04/2022).

“Syukur Alhamdulillah, kemarin kami mendapat rahmat bahwa Konawe Selatan termasuk dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang masuk 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia,” terangnya.

Adiwarsa mengungkapkan Kabupaten Konawe Selatan mengikuti seleksi mulai dari 3.419 Desa Wisata di Indonesia dan di seleksi lagi sampai keluar 500 desa wisata.

“Di 500 besar kami di Sulawesi Tenggara masih ada Wakatobi dan Labengki, dari 500 besar diseleksi lagi menjadi 300 besar, ” Ungkapnya.

Baca Juga:  Sejumlah Program di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konsel Terealisasi

Di tahapan 300 besar, kata Adi, masih ada empat kabupaten di Sultra yaitu Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe Selatan dan Kota Bau-Bau.

“Setelah masuk 100 besar tinggal tiga kabupaten di Sultra yaitu Kolaka desa sani-sani, Konawe Selatan Desa Sumber Sari dan Keraton Wolio Kota Bau-Bau hingga diseleksi lagi sampai masuk 50 besar desa wisata terbaik,” Jelasnya.

50 Besar Inilah, sambung adi, yang mendapat anugrah dari Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno dan tengah mempersiapkan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bapak Bupati akan melibatkan beberapa sektor terkait beberapa Dinas terpadu yang dapat mendukung suksesnya desa wisata tersebut seperti Dinas pertanian, Dinas Peternakan dan Dinas PU,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kota Kendari Kembali Raih WTP yang ke-9

“Jadi jadwalnya itu mulai dari bulan Mei sampai akhir Agustus dan di bulan September penganugrahan penetapan siapa yang menjadi juara terbaik satu di tujuh kategori,” pungkasnya.

Laporan : Derlin. P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.