News  

Program Kasuari Satgas Binmas Wilayah Yahukimo

Yahukimo – Program Kesejahteraan Untuk Anak Negeri (Kasuari) Satgas Binmas wilayah Yahukimo kali ini melakukan pengecekan ketersediaan bahan pembuatan pakan ternak babi di Kabupaten Yahukimo yang dilaksanakan oleh Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022. Bertempat di Kompleks PJPR, Jalan Paradiso dan Kampung Moruku kompleks persawahan Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo. Minggu (17/4/2022).

Giat yang berlangsung pukul 09.45 WIT tersebut diikuti oleh tim Satgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 Jayapura yakni, AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K. (Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022), BRIPTU Arya Chendranda dan BRIPDA Teuku Rafki Abesya. Serta Personel Satgas Binmas yakni, IPTU Joni Linggi (Korwil Binmas Yahukimo), AIPDA Soleman F. Masnandifu, S.E, BRIGPOL Idul Hidayat Sirajan, BRIPDA Restu Alamsyah Athohari, BRIPDA Philipus Dion A. Augusta. Dan Personel Satgas Preventif yakni, AKP Arbi Guna Bimantara, S.I.K, 5 (lima) Personel Satgas Preventif Ops Damai Cartenz-2022, Personel Satgas Humas BRIPKA Anthony Biu, BRIGPOL Tabah Komaru Zaman dan BRIPTU Markus N. Wanggai, Personel Polres Yahukimo yang terlibat yaitu, IPDA I Made Budi Dumariawan, A.Md., S.H. (Kasat Binmas Polres Yahukimo).

Baca Juga:  Penjabat Bupati Koltim Hadiri Musrenbang Kecamatan di Tinondo

Program Kasuari hari ini menyasar peternakan babi milik Pieter Kala Kompleks PJPR dan Pos Satgas Preventif Damai Cartenz-2022 Jalan Paradiso kompleks perkebunan serta Spot Pertanian dan Spot Perikanan Kampung Moruku.

Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K beserta rombongan tiba di kompleks PJPR untuk melihat bahan pakan ternak babi yang merupakan peternak sekaligus penjual babi di komplek PJPR Distrik Dekai.

AKBP Yamin mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mengecek ketersediaan bahan pembuatan pakan ternak babi di Kabupaten Yahukimo.

“Diharapkan dengan adanya ketersediaan pakan ternak babi dapat membantu masyarakat dalam berternak babi, dan dapat berkembang biak dengan baik dan sehat, hingga program Kasuari ini dapat membantu mensejahterakan masyarakat OAP di Kabupaten Yahukimo,” harap Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K.

Baca Juga:  Kendari Jadi Tuan Rumah Rakornas KPU, Asmawa Tosepu: Kita Bakal Maksimalkan Penyelenggaraan Event Ini

Pieter Kala, selaku pemilik komplek PJPR Distrik Dekai menyampaikan bahwa, untuk bahan pakan ternak babi bahan pakan yang sering dipakai masyarakat di sekitar kompleks PJPR yaitu campuran beras dan daun bunga kolam dimasak setelah itu dicampur dengan daun ubi jalar/daun petatas, konsetrat dan juga air.

“Sebenarnya memang sangat bagus jika ada pelepah pisang namun agak sulit menemukan pohon pisang,” ucap Pieter.

Saat tiba di Pos Brimob Satgas Preventif tepatnya di perkebunan jalan Paradiso, Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz 2022 AKBP Yamin melakukan pengecekan secara langsung pohon pisang disekitaran Pos Brimob Satgas Preventif. Pohon pisang tersebut dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan baku pembuatan pakan ternak babi yang akan diberikan oleh Satgas Binmas kepada masyarakat binaan Spot ternak babi di Distrik Dekai, agar dapat membantu penerima babi dalam hal memberikan pakan untuk babi yang telah diterimanya.

Baca Juga:  Pemkab Konsel Gelar Kegiatan Penyelesaian Permasalahan dan Hambatan bagi Pelaku Usaha

Terkait hal tersebut Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K melakukan koordinasi dengan Satgas Preventif di mana nantinya pohon pisang yang berada di sekitar Pos Satgas Preventif akan dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pakan ternak babi. Dan hasil dari kunjungan tersebut akan ditindak lanjuti oleh Korwil Satgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 Res Yahukimo IPTU Joni Linggi.

Hal serupa juga dilakukan di Spot Pertanian dan Perikanan Kampung Moruku Jalan Poros Logpon Km.9. Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 AKBP Yamin yakni melakukan pengecekan bibit padi dan dilanjutkan memberikan pakan untuk bibit ternak ikan. Dan menyerahkan pupuk jenis urea secara simbolis.

Giat yang berakhir pukul pukul 11.35 WIT berjalan aman dan lancar. (Hb/Ms).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *