News  

MTQ Bakal Digelar Bulan Mei, Kabag Kesra Konsel: Peserta Diprioritaskan Anak Lokal

Konawe Selatan – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) rencananya bakal digelar Mei 2022 mendatang di gedung Islamic Center Andoolo. Yang mana pesertanya akan diikuti oleh perwakilan 25 kecamatan dan pondok pesantren yang memenuhi kriteria. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Hamlin S Ode Maka. Selasa, (12/4/2022).

Hamlin memastikan bahwa tahun ini kegiatan MTQ tetap akan dilaksanakan. Namun kegiatan tersebut bakal digelar secara terbatas, sebab kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Hamlin menjelaskan bahwa, MTQ yang akan dilaksanakan Mei mendatang bertujuan untuk menyeleksi qari-qariah yang berprestasi, yang nantinya akan mewakili Konsel ke ajang MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

Baca Juga:  Berikut Dua Raperda Koltim yang Diserahkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan

“Jadi dari pelaksanaan MTQ ini, tujuannya untuk menjaring peserta yang nantinya akan mewakili Kabupaten Konsel di ajang MTQ tingkat provinsi dan nasional,” jelasnya.

Namun yang menjadi poin penting, lanjut Hamlin, bakal prioritaskan anak-anak lokal Konsel sebagai perserta lomba di MTQ mendatang untuk itu dirinya meminta kepada Kantor Urusan Agama (KUA) dan Pondok Pesantren yang ada di Konsel untuk bekerja sama dalam menjaring para peserta berprestasi yang akan diutus dalam lomba.

“Kenapa kami inginkan anak lokal Konsel, karena selama ini para peserta di impor dari luar dengan membawah nama Konsel untuk mewakili MTQ tingkat provinsi maupun nasional. Namun setelah berhasil mereka pulang membawah prestasi tetapi tidak ada bekas, sebab mereka bukan asli Konsel,” kata Hamlin.

Baca Juga:  Polres Konawe Utara Gelar Upacara Sertijab

Untuk itu masih Hamlin, tahun ini pihaknya berupaya, meski saat ini belum ada target untuk meraih juara. Namum Kepala Bagian Kesra Konsel ini menginginkan pesertanya adalah sebagian besar anak lokal Konsel, entah itu masyarakat umum maupun santri pondok pesantren.

“Kita inginkan tahun ini pesertanya adalah murni dari anak-anak lokal sebab ke depan merekalah yang nantinya akan mewakili Konsel,” pintahnya.

Karena ke depan nanti, beber Hamlin para peserta yang berprestasi membawah harum nama daerah akan diberi reward sebagai penghargaan. Seperti tahun-tahun sebelumnya para perserta diberi reward dalam bentuk tiket perjalanan umrah.

Jadi setelah para peserta diseleksi secara ketat oleh para KUA dan tim juri, tambah Hamlin, barulah dilakukan karantina atau Traning Center (TC) kepada peserta yang dinyatakan layak untuk mewakili kurang lebih 30 cabang yang akan diperlombakan di MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

Baca Juga:  Wali Kota Kendari Serahkan Bantuan Bencana Alam Cuaca Ekstrem

“Peserta yang dinyatakan lolos seleksi nantinya akan di TC di salasatu hotel di Konsel. Dan untuk membimbing mereka, kami akan datangkan para pelatih yang berpengalaman yang pernah berprestasi di ajang MTQ tingkat nasional, serta didampingi oleh para dewan hakim,” tutup Hamlin.

Untuk diketahui pembukaan MTQ rencananya dilaksanakan setelah lebaran idul fitri.

Laporan : Derlin. P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.