News  

Pemkab Koltim Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan

Avatar photo

Koltim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) gelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur.

Kegiatan tersebut dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur H. Sulwan Aboenawas, M.Si, dan berlangsung di Kantor Bupati Koltim Lantai III, Sulawesi Tenggara. Senin (4/4/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Timur, Pj Sekretaris Daerah Koltim, para staf ahli beserta para staf asisten Sekda, dan pimpinan perangkat daerah Koltim, para pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kabupaten Koltim, saksi-saksi dan rohaniawan.

Dalam sambutannya, Sulwan menyampaikan bahwa, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilaksanakan hari ini merupakan tindak lanjut dari hasil uji kompetensi yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2022 dan telah memperoleh persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui surat nomor 821/1581/SJ tanggal 29 Maret 2022 perihal persetujuan, pengukuhan, pengangkatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama dilingkungan Pemda Koltim.

Selain itu, lanjut Sulwan, kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini juga melalui persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) nomor B-374/KASN/01/2022 tanggal 27 Januari 2022 perihal rekomendasi hasil uji kompetensi dalam rangka rotasi dan mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) pratama di lingkup Pemkab Koltim.

Baca Juga:  Terkait Pilkades, DPMD Konut Lakukan Pembekalan Panitia Tujuh

Mantan Kepala Dinas Katahanan Pangan Sultra ini juga menjelaskan bahwa, pelantikan hari ini hanya sebatas rotasi antar jabatan pimpinan tinggi pratama sebagai upaya penyegaran instansi untuk meningkatkan motivasi kerja. Selain itu rotasi ini juga bertujuan menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, sebagaimana hasil uji kompetensi yang telah dilaksanakan dengan prinsip “The Right Man on The Right Job” menempatkan orang yang tepat pada jabatan yang tepat.

“Karena jabatan merupakan kedudukan yang menunjukkan tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang PNS dalam suatu satuan organisasi, dan merupakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT. Olehnya itu saya berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan YME dengan cara bekerja dengan baik, profesional, dan penuh tanggung jawab,” pesan Sulwan.

Dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Kolaka Timur, kata mantan Kepala OPD Sultra ini, maka diperlukan kerja sama antara berbagai pihak, termasuk staf ahli, asisten, dan kepala perangkat daerah beserta jajarannya. Sehingga roda pemerintahan dapat berjalan pada jalur yang benar.

Baca Juga:  Diakhir Masa Jabatan, Wakil Wali Kota Kendari Pamit di Sejumlah OPD

“Pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk membangun sinergitas dalam upaya menyelesaikan pekerjaan rumah yang harus kita bereskan bersama, demi mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” ajak Sulwan.

Tak lupa mantan camat di Konawe ini juga menghimbau kepada pejabat yang dilantik agar menghilangkan sistem kubu-kubuan.

“Saya menghimbau kepada semuanya agar menghilangkan pengkubu-kubuan diantara ASN, dan bekerjalah secara profesioanal karena kita adalah satu, yakni satu untuk Kolaka Timur,” tuturnya.

Penjabat Bupati Koltim ini berharap kepada pejabat yang dilantik hari ini agar menjalankan peran barunya dengan penuh tanggung jawab.

“Mudah-mudahan pejabat yang telah dilantik hari ini dapat menjalankan peran barunya dengan penuh tanggung jawab. Serta berkontribusi maksimal dalam pembangunan Kabupaten Kolaka Timur di segala bidang,” harap Sulwan Aboenawas.

Berikut 12 nama yang dilantik hari ini.

Baca Juga:  Dengan Program Kadin Konawe Peduli, Yusran Akbar Bantu Pembuatan JUT Desa Watarema Lambuya

1. Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP.,M.Si jabatan baru asisten perekonomian dan pembangunan sekretariat daerah.

2. Bio Mansur, S.Pd.,M.Pd.,M Si jabatan baru Kepala Dinas Transmigarsi dan Tenaga Kerja.

3. Ir. Muhammad Aras, M.Si jabatan baru staf ahli bidang pemerintahan hukum dan politik sekretariat daerah.

4. Lasky Paemba, SP jabatan baru Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura.

5. Maryono, S.Pd.,M.E.Pd jabatan baru Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan.

6. Makmur Watukila, S.IP.,M.Si jabatan baru staf ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan sekretariat daerah.

7. Amiruddin, S Pd jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

8. Hj. Ulfawati, S.Kep jabatan baru Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

9. Dra. Hj. Murtini Balaka, M.Si jabatan baru Kepala Badan Kepegawaian dan Pembambangunan Sumber Daya Manusia.

10. Drs. Abraham, M.Si jabatan baru Sekretaris DPRD.

11. Syakhrifin, S.Sos.,M.Si jabatan baru Kepala Dinas Sosial.

12. Dr. Mustakim Darwis, S.P.,M.Si jabatan baru Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Kolaka Timur.

Laporan : Jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!