News  

Guna Turunkan Level PPKM, Wabup Konsel Usul Vaksinasi Bulan Ramadan

Avatar photo

Konsel – Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berada pada Level 3 (tiga).

Artinya setiap kegiatan masyarakat masih dibatasi maksimal kapasitas 25 persen. Meski kasus terkonfirmasi positif dan penanganan Covid-19 di daerah ini bisa dibilang terkendali.

Merujuk Inmendagri tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel di bawah kepemimpinan Bupati H. Surunuddin Dangga, ST.,MM dan Wakil Bupati Rasyid, S.Sos.,M.Si terus melakukan berbagai upaya menurunkan levelnya.

Salasatunya syarat utama agar angkanya terkoreksi turun yakni dengan meningkatkan cakupan persentase vaksinasi.

Olehnya, Wabup Rasyid mengusulkan di bulan puasa 1433 H dilaksanakan vaksinasi. Bertajuk “Vaksinasi Bulan Ramadan”. Hal itu disampaikannya pada Rapat di Kantor Bupati yang di hadiri Kepala Kemenag Konsel Joko, pimpinan OPD dan para Camat. Senin (4/4/2022).

Baca Juga:  Kominfo Konsel Pastikan Jaringan Internet pada Seleksi CPNS Tanpa Hambatan

“Untuk menurunkan angka PPKM, sebaiknya kita agendakan vaksinasi umum di bulan berkah ini, sembari beribadah,” ucapnya.

Disebutkan, target vaksinasi cukup 20 orang setiap titik lokasi atau Masjid yang ditentukan. Pelaksanaan vaksinasi di gelar usai Jamaah menjalankan ibadah shalat tarwih.

“Kita targetkan minimal 20 orang saja setiap pertemuan, atau setiap usai shalat tarawih. Jika kita kontinyu bisa dapatkan 500 orang yang telah tervaksin hingga akhir ramadan se-Konsel baik dosis pertama, kedua maupun booster, yang otomatis mendongkrak cakupan persentase vaksinasi,” tukas Wabup Rasyid.

Sedangkan untuk Lanjut Usia (Lansia), Pemda Konsel bakal melakukan system jemput bola. Di mana tenaga kesehatan dan pegawai kecamatan berkunjung dari rumah ke rumah.

Baca Juga:  Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022, Wali Kota Kendari: Pemkot Miliki Enam Tujuan Pembangunan

Mensukseskan program tersebut, sambil menunggu disetujui dan diterbitkannya Peraturan Bupati (Perbup) terkait kegiatan dimaksud, Pemda bakal berkoordinasi dengan  OPD terkait, pihak Kemenag dan Unsur TNI – Polri beserta stakeholder lainnya.

Sementara itu, sesuai data online KPC-PEN berbasis KTP Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi  pertanggal 3 April 2022, cakupan vaksinasi Kabupaten Konsel dari 236.749 target sasaran telah tersuntik 206.493 atau 87.22% untuk dosis 1. Dan tersuntik 137.788 atau 58.20% dosis 2, serta 9.138 atau 3.86% pada dosis 3 (booster).

Laporan : Derlin. P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!