News  

Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-50, Ini Harapan Ketua Umum

Koltim – Peringatan hari kesatuan gerak Pembinaan Kesejateraan Keluarga (PKK) yang ke-50 juga di peringati oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim). Peringatan hari kesatuan gerak PKK yang bertemakan “Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama” tersebut berlangsung di Aula Pemda Koltim, Sulawesi Tenggara, Kamis (24/3/2022).

Hadir dalam peringatan hari kesatuan gerak PKK yang ke-50 tersebut Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur, selaku pembina TP-PKK kabupaten, Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si, Forkopimda Kabupaten Koltim, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Timur, Pimpinan dan anggota DPRD Koltim, para pimpinan OPD/lembaga mitra kerja TP-PKK kabupaten, para camat selaku pembina TP-PKK se-Kecamatan Kabupaten Kolaka Timur, Ketua TP-PKK Kabupaten Kolaka Timur dan segenap pengurus TP-PKK kabupaten, Ketua Dharma Wanita persatuan Koltim, para ketua TP-PKK kecamatan se-Kabupaten Koltim beserta segenap jajaran pengurus, para Ketua TP-PKK desa se-Kabupaten Koltim.

Ketua TP-PKK) Kabupaten Kolaka Timur Hj. Yosin Sulwan Aboenawas, SKM.,M.Kes saat membacakan kata sambuatan Ketua Umum PKK Ny. Tri Tito Karnavian menyampaikan bahwa peringatan hari kesatuan gerak PKK ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa, karena hari ini merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.

“Melalui hari gerakan PKK tahun ini, saya inginkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga bila keluarga-keluarga di Indonesia dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka gerakan PKK berpotensi berdayakan masyarakat secara keseluruhan,” kata Yosin.

Baca Juga:  Bupati Konsel Buka Kegiatan Temu Bisnis yang Digelar oleh DPM-PTSP

“Tema peringatan hari gerak PKK tahun ini harus melekat dalam sanubari kita semua sebagai keluarga besar gerakan PKK. Selain itu tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama, bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan sejaterakan masyarakat, yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia,” sambungnya.

Sepanjang 50 tahun gerakan PKK, lanjutnya, tentu banyak hal yang telah dilakukan. Dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua bahwa upaya memperdayakan keluarga dan masyarakat perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus. Oleh karena itu gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisifasif dan kerja sama.

“Selain itu momentum peringatan hari kesatuan gerak PKK kali ini juga harus mampu kita dayagunakan sebagai media untuk mawas diri sebagai kelembagaan, dan melakukan evaluasi dalam program. Untuk melakukan hal ini sudah instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana yang kita sepakati bersama dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK tahun 2021. Melalui kesepakatan itulah maka saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan TP-PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran, ketika itu semua dikelolah oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik pula. Ini perlu saya disampaikan, karena tentu kita semua tidak ingin hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 hanya menjadi dokumen yang tersimpan di dalam lemari,” beber Yosin.

Baca Juga:  Peringati HUT ke-191 Kota Kendari, Pemkot Gelar Gowes

Sejalan dengan makna gerakan, kata Yosin, maka gerakan PKK yang digerakkan oleh tim penggerak PKK harus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan.

“Saya senantiasa mendorong agar ada nuansa perubahan dalam gerakan PKK, jangan monoton, harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah. Oleh karen itu saya mengharapkan agar momentum peringatan hari kesatuan gerak PKK tahun ini menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan kita dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas kita dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas,” tambahnya.

Melalui Ketua TP-PKK Kabupaten Koltim, Ketua Umum PKK juga berharap agar peringatan semacam ini bukan semata-mata kegiatan rutin tahunan saja, dan bukan hanya kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja. Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati hari kesatuan gerak PKK haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan PKK.

“Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena TP-PKK sebagai mitra kerja pemerintah, haruslah mampu menyelaraskan dengan kebijakan program pemerintah,” tandasnya.

Lebih lanjut Yosin menjelaskan bahwa pola pendekatan pergerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas TP-PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal social yang sungguh besar artinya. Oleh karena itupula maka gerakan PKK sesungguhnya merupakan potensi pembangunan bagi bangsa Indonesia.

“Dengan memahami serta menyadari potensi yang kita miliki itulah yang kemudian senantiasa harus kita pelihara, kita kembangkan, kita gelorakan secara terus menerus,” imbuhnya.

Baca Juga:  Lagi, Pemkot Kendari Laksanakan High Level Meeting Bersama Bank Indonesia

“Saat ini kita masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda. Dampak dari pandemi Covid-19 ini sungguh luar biasa, tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat saja, tetapi berdampak juga pada menurunya kualitas hidup dan kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Dihadapkan pada kenyataan seperti itu, maka saya mengharapkan agar kita semua dapat berpartisipasi dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 itu dengan cara ikut menjaga situasi yang kondusif di dalam keluarga, maupun lingkungan kita. Hal seperti ini merupakan implementasi dari bakti gerakan PKK untuk bangsa dan berbagi untuk sesama,” jelasnya.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua TP-PKK Koltim, Ketua Umum PKK juga mengajak kepada seluruh jajaran TP-PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK, termasuk kader Dharma Wanita, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK agar tetap selaras dengan program-program pemerintah.

“Sesuai dengan tema ini pula, maka saya ingin menyampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran TP-PKK, para kader PKK, dan kader Dharma Wanita, yaitu pertama jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadj dasar bagi bakti PKK untuk bangsa. Dan kedua berbagi untuk sesama dan saling membantu merupakan inti program gerakana PKK,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya Ketua Umum melalui Ketua TP-PKK Kabupten Kolaka Timur mengucapkan Dirgahayu PKK, Hidup dan Jayalah PKK.

Laporan : Jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.