News  

Wilayah Konsel Berpotensi Hujan hingga 14 Maret 2022

Avatar photo

Konsel – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra). Salasatunya Wilayah Konawe Selatan (Konsel) yang berpotensi mengalami hujan sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang.

Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan bahwa hal tersebut diakibatkan oleh anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air).

“Massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (9/3/2022).

Adapun beberapa wilayah di Sultra yang berpotensi mengalami hujan sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada 9 Maret 2022 yaitu, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut) dan Buton Utara (Butur). Tanggal 10 Maret 2022 yaitu Konawe, Konsel, Konut, Kendari, Buton, Butur.

Baca Juga:  Resmi Dihelat, Kadis DPMD Konsel: Saat Ini Pelaksanaan Pilkades Aman dan Kondusif

Tanggal 11 Maret 2022 yaitu Konut, Kolaka, Konsel, Konawe. Tanggal 12 Maret 2022 yaitu Wakatobi, Butur, Muna, Mubar, Konsel, Kolaka, Koltim, Kendari, Konut, Buteng, Busel dan Baubau. Tanggal 13 Maret 2022 yaitu Konsel, Butur, Konut, Konawe, Kolut, Konkep dan Muba. Serta tanggal 14 Maret yaitu Kolut, Konsel, Kolaka dan Koltim.

Meskipun berpotensi mengalami hujan, cuaca tersebut akan terjadi secara singkat pada siang dan sore dan pada malam dan dini hari. Hal tersebut karena suhu permukaan laut di wilayah perairan Manui Kendari masih hangat, indek labilitas cendrung sedang sampai kuat, dan kelembaban di atmosfer kita masih relatif tinggi.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap memperbarui informasi dari BMKG agar dapat menghindari bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin serta dapat memastikan mitigasi bencana tersebut dilakukan dengan baik.

Baca Juga:  Penjabat Wali Kota Kendari Pimpin Rapat Evaluasi Kerja Sama Pengelolaan Pasar Basah Mandonga

Laporan : Edison.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!