News  

Buka MTQ ke VII Tingkat Kabupaten Kolaka Timur, Sulwan Aboenawas: Harus Junjung Sportivitas

Koltim – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur (Koltim) membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VII tinglat Kabupaten Kolaka Timur tahun 2022 yang bertempat di Kecamatan Poli-Polia, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Sabtu (26/2/2022).

Dalam sambutan Pj Bupati Kolaka Timur Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si menyampaikan bahwa MTQ merupakan aktivitas keagamaan yang sangat akrab dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya umat Muslim yang dilaksanakan mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, bahkan tingkat nasional dan intermasional. MTQ tidak dapat dipisahkan dari program nasional secara keseluruhan, utamanya dalam aspek peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkaitan dengan penguatan Iman dan Taqwa.

“Hal ini relevan dengan amanat keputusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) nasional, bahwa MTQ salasatu ajang atau event dalam rangka mewujudkan pembangunan spritual. Terlebih lagi era otonomi daerah yang menuntut kualitas SDM harus jauh lebih baik agar pembangunan yang kita dilaksanakan dapat lebih stabil, dinamis, terkendali dan bersinambungan,” jelas Sulwan.

Baca Juga:  Kades Lipu Bertekad Kembangkan Budaya Adat

Melalui pelaksanaan MTQ, lanjut mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra ini, diharapakan dapat mendorong segenap masyarakat Islam Kabupaten Kolaka Timur untuk senantiasa mencintai kitab suci Al-Qur’an, berusaha memahami, menghayati, mengamalkan kandungannya, sehingga terbentuklah karakter umat Islam yang sesuai dengan nilai-nilai Al -Qur’an yakni insan yang berkualitas dan handal serta berdaya saing.

“Pembentukan karakter umat Islam yang diawali dengan pembentukan generasi Qur’ani menjadi hal yang amat fundamental dalam rangka membentuk karakter bangsa yang ideal. Dengan kata lain bahwa pembentukan karakter bangsa sangat tergantung pada tersedianya SDM dan generasi yang baik, cakap dan terampil serta memiliki tanggung jawab sosial kemasyarakatan dan pembangunan sebagaimana firmas Allah SWT dalam surat Annisa ayat 9 “Dan hendaklah takut kepada Allah dan orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak atau generasi yang lemah yang mereka khawatir terhadap kesejateraan mereka”,” ungkap Sulwan.

Baca Juga:  KSO MTT Serahkan Beasiswa kepada 222 Mahasiswa

“Selain itu, melalui penyelenggaraan MTQ ini, kita berusaha untuk memperkokoh keutuhan persaudaraan serta membina persatuan dan kesatuan. Insaallah dengan semangat kebersamaan, kita mampu membangun daerah yang kita cintai dengan tetap mempertahankan jati diri yaitu “Kolaka Timur sebagai daerah perjuangan yang religius dan berbudaya,” tandasnya.

Mantan Kepala OPD Sultra ini juga menambahkan bahwa, MTQ yang diselenggarakan ini, juga merupakan salasatu rangkaian kegiatan untuk menuju MTQ tingkat provinsi.

“MTQ yang kita selenggarakan ini juga merupakan salasatu rangkaian kegiatan untuk menuju MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Oleh karena itu saya menyampaikan kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dan terus berlatih sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai untuk mengharumkan nama, baik daerah kita, provinsi, maupun nasional,” umbarnya.

Baca Juga:  Digelar secara Virtual, Sekda Kota Kendari Ikuti Kegiatan Vaksinasi Covid-19 

Lebih lanjut, mantan Camat di Konawe ini juga menjelaskan bahwa, untuk mewujudkan hal tersebut, maka sangat diharapkan pada dewan hakim atau tim penilai agar menjunjung tinggi nilai-nilai obyektivitas dan sportivitas. Dengan demikian nantinya akan menghasilkan juara sejati tanpa campur tangan dari siapa pun.

Penjabat Bupati Koltim ini juga meminta kepada para peserta agar berlomba dan bersaing dengan menjunjung jiwa sportivitas.

“Untuk itu para peserta harus berlomba, bersaing dengan menjunjung jiwa sportivitas, “Menang tanpa kesombongan, kalah tanpa dendam,” pungkas Ir. Sulwan Aboenawas, M.Si.

Laporan : Jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *