News  

Tujuan DD untuk Bangun Desa dan Mensejahterakan Masyarakat

Koltim – Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Lamunde saat ditemui dikediamannya di Desa Lamunde, Kecamatan Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur, Jumat (24/2/2022).

Kepala Desa Lamunde Altin memaparkan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam penggunaan anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022.

“Untuk tahun 2022 ini kita tidak terlalu banyak kegiatan pembangunan, karena 40 persen dari anggaran DD harus dikeluarkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT),” kata Altin.

“Tapi kita harus mengacu pada tujuan pemerintah pusat, yang mana tujuan DD dikucurkan oleh pemerintah untuk membangun desa dan mensejahterakan masyarakat,” sambungnya.

Jadi, lanjut Altin, pembagian BLT dikategorikan sebagai bentuk mensejahterakan masyarakat. Adapun jumlah penerima manfaat di Desa Lamunde ini sebanyak 81 Kepala Keluarga (KK).

Baca Juga:  Fachrul Razi Kembali Terpilih secara Aklamasi Ketua Komite I DPD RI

“Selain pembagian BLT, tahap awal ini ada juga ketahanan pangan berupa tanaman jagung seluas 20 hektar,” jelasnya.

“Sementara terkait pembangunan desa kita cuma laksanakan pekerjaan fisik dengan membangun Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 400 meter. Dan untuk Padat Karya Tunai Desa (PKTD) kita lakukan pembersihan saluran irigasi persawahan sepanjang 4000 meter,” tambahnya.

Altin berharap di tengah pandemi Covid-19 ini apa yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Saya berharap dan meminta kepada warga supaya bantuan yang diberikan betul-betul dimanfaatkan dengan baik, apalagi dalam suasana pandemi Covid-19 ini. Kita ketahui perekonomian banyak mengalami kemerosotan,” harap Altin.

Dirinya juga meminta agar tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes). Karena kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19, apalagi sekarang ada lagi varian baru disebut Omicron.

Baca Juga:  Kades Anggolohipo Serahkan Bantuan Terpal untuk Budi Daya Ikan

Laporan : Jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *