News  

Penjabat Bupati Koltim Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum UMKM

Koltim – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur (Koltim) Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si membuka secara resmi kegiatan peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berlangsung di Kantor Bupati Kolaka Timur, Kamis, (24/2/2022).

Mengawali sambutannya Sulwan menjelaskan bahwa dengan semangat Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja tentunya mendorong seluruh sektor usaha untuk menjalankan usahanya, begitu juga dengan UMKM dituntut untuk bisa eksis menjalankan kegiatannya walaupun di tengah-tengah pandemi sekarang ini.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, lanjut Sulwan, para pelaku UMKM diharapkan mampu bersaing secara sehat, baik sesama palaku UMKM, maupun dengan investor-investor nasional dan penanam modal asing. Tentunya pelaku UMKM membutuhkan banyak informasi, baik informasi pasar, permodal dan kemitraan.

Baca Juga:  Terkait Reses, DPRD Konsel Gelar Rapat Paripurna

“Kabupaten Kolaka Timur memiliki lebih dari 300 UMKM, baik disektor perdagangan, pangan olahan, industri kecil, menengah dan lain-lain. Maka dengan adanya forum UMKM ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk saling bertukar informasi pasar, kemitraan dan permodalan,” kata Sulwan.

“Dengan semangat kebersamaan guna memajukan masing-masing kegiatan usaha, diharapkan forum ini mampu membawa seluruh pelaku UMKM ke arah yang lebih baik. Namun tentunya dalam perjalanannya dibutuhkan koordinasi maupun kerja sama baik dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan juga dengan beberapa stakeholder guna mendukung keberhasilan forum ini,” sambungnya.

Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP, masih Sulwan, realisasi investasi untuk tahun 2021 adalah sebesar Rp. 194.589.031.592 (Seratus sembilan puluh empat milyar lima ratus delapan puluh sembilan juta tiga puluh satu ribu lima ratus sembilan puluh dua rupiah). Dan yang lebih membanggakan lagi, semua investasi tahun 2021 semuanya bersumber dari UMKM.

Baca Juga:  Ketua DPD PPWI Sultra Angkat Suara Terkait Perbaikan Jalan di Landono-Mowila

Pada kesempatan tersebut mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelaku UMKM Kolaka Timur yang turut membantu memutar roda perekonomian daerah.

“Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada pelaku UMKM Kolaka Timur yang turut membantu dalam pemutaran perekonomian daerah kita walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19,” ucap Sulwan.

Mantan Kepala OPD Sultra ini juga berharap semoga pandemi ini cepat berlalu.

“Semoga pandemi ini cepat berlalu, dan para pelaku UMKM Kolaka Timur dapat terus mejalankan dan mengembangkan kegiatan usahanya,” harap Sulwan.

Tak lupa mantan camat di Konawe ini juga mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota UMKM yang telah dikukuhkan.

Baca Juga:  Sulwan Aboenawas Menutup Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2022

“Kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota UMKM yang telah dikukuhkan,” tambahnya.

“Untuk diketahui, setelah kegiatan pengukuhan ini, akan diadakan kegiatan peningkatan kapasitas forum UMKM Kolaka Timur. Untuk itu diharapkan pula kepada seluruh peserta agar mengikuti.kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mengaplikasikan pada kegiatan usaha masing-masing,” pungkas Sulwan.

Laporan : Jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *