News  

Penjabat Bupati Koltim: Ada 6 Poin Sasaran Prioritas Pembangunan Rencana Kerja Pemda

Avatar photo

Koltim – Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur (Koltim) Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2022 di Kecamatan Uluiwoi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Senin (21/2/2022).

Sulwan memaparkan bahwa, adapun 6 (enam) poin yang menjadi sasaran prioritas pembangunan rencana kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupten Kolaka Timur tahun 2023 yakni peningkatan akses pendidikan, kesehatan, pengentasan kemisikinan, percepatan pembangunan infrastruktur dasar jalan kebupaten, pengembangan jalan provinsi dan peningkatan jalan nasional, pemberian stimulan bagi pembangunan infrastruktur desa dan kelurahan.

“Sementara terkait program strategis yang sangat mendesak dalam pembangunan di Kolaka Timur hingga tahun 2023 yaitu pembangunan infrastruktur pedesaan, peningkatan produktivitas pertanian/perkebunan, dan penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta pendidikan, kesehatan, dan pengembangan potensi parawisata,” jelas Sulwan.

Baca Juga:  KADIN Kendari dan Danrem 143/HO Bakal Berkolaborasi Tekan Inflasi

Pelaksanaan Musrembang kali ini diwarnai dengan sesi tanya jawab terkait beberapa usulan warga.

Pada kesempatan tersebut Kepala Pukesmas (Kapus) Uluiwoi mengusulkan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk 9 (sembilan titik).

Muhammad Saleh, salasatu warga Desa Amololu mengusulkan pembangunan drainase, pengadaan bibit cengkeh, dan pembangunan jalan kabupaten.

Menanggapi soal pembangunan Pustu yang diusulkan oleh Kepala Kapus Uluiwoi, Kadis Kesehatan menjelaskan bahwa pembangunan Pustu tidak perlu, karena nantinya ada pembangunan bendungan. Kadis Kesehatan juga meminta kepada Kapala Puskesmas Uluiwoi agar melakukan sosialosasi vaksin.

Sementara terkait usulan dan beberapa warga, Kepala Dinas PU menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini Bendungan Pelosika segera dibangun. Dan Kepala Dinas Perkebunan mnyampaikan bahwa untuk di Kecamatan Uluiwoi akan tetap menganggarkan pengadaan bibit holtikultura, seperti Kakao, Kopi, dan lada serta tanaman komoditi.

Baca Juga:  PJ Gubernur Sultra Terima Audiensi Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae

Diketahui, pelaksanaan hari terakhir Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2022 Kabupaten Kolaka Timur tersebut diikuti oleh 2 (dua) kecamatan yakni Kecamatan Ueesi dan Uluiwoi.

Laporan : Jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!