News  

Penjabat Bupati Buka Musda I Dharma Wanita Persatuan Kebupaten Kolaka Timur

Koltim – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur membuka Musyawarah Daerah (Musda) I persatuan Dharma Wanita Kabupaten Kolaka Timur yang berlangsung di Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jum’at (18/2/2022).

Musyawarah Daerah I Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kolaka Timur yang dibuka langsung oleh Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si selaku Penjabat Bupati Koltim bertemakan “Optimalisasi Kinerja Dharma Wanita Persatuan sebagi Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”.

Mengawali sambutannya Sulwan menyampaikan bahwa Dharma Wanita sebagai wadah persatuan isteri-isteri Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dapat membina anggotanya memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spritual anggotanya agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur.

Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra ini juga menyampaikan bahwa dengan Musda ini kiranya patut melakukan introspeksi agar lebih baik lagi ke depan. Organisasi Dharma Wanita harus melangkah ke depan dengan rasa percaya diri yang diwujudkan melalui program-program serta keputusan menyangkut kepentingan kaum perempuan.

Baca Juga:  Berikut Himbauan Pj Bupati Koltim Saat Hadiri Sosialisasi Pembentukan Kawasan Perdesaan

“Untuk itu saya berharap kepada ketua dan pengurus baru Dharma Wanita agar memiliki kredibilatas dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan misi organisasi, dan dapat berperan dalam mensukseskan program Pemerintah Daerah (Pemda). Selain itu melalui kegiatan Musda ini semoga dapat menghasilkan rekomendasi dan program kerja yang menitik beratkan pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anggotanya,” harap Sulwan.

Penjabat Bupati Koltim ini juga menyampaikan bahwa Dharma Wanita adalah organisasi terbesar di Indonesia.

“Dharma Wanita adalah organisasi terbesar di Indonesia, untuk itu kita perlu terus mengembangkan organisasi ini di tingkat Wilayah Kabupaten Kolaka Timur, sehingga mampu dan terus menjadi organisasi yang menjadi wadah perhimpunan ibu-ibu untuk menggali potensi diri masing-masing. Karena di samping sebagai pembina istri pegawai ASN juga diharapkan menjadi pendamping suami,” beber Sulwan.

Baca Juga:  Penjabat Wali Kota Buka Raker Kesda yang Digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Kendari

Ke depan, masih Sulwan, bahwa organisasi Dharma Wanita ini dapat menjadi unsur perekat antara fungsi kemasyarakatan dan fungsi pemerintahan, sehingga dengan demikian dengan tema tersebut hendaknya anggota Dharma Wanita persatuan dan kaum perempuan pada umumnya terus mengembangkan kualitas diri agar tercipta sinergitas antar program pemerintah dan pemberdayaan perempuan, sehingga terwujud visi misi Pemerintah Daerah.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa tujuan dan sasaran pelaksanaan Musyawarah Daerah I Dharma Wanita persatuan ini adalah mensosialisasikan hasil keputusan Musyawarah Nasional Dharma Wanita Pusat, menetapkan rencana kerja lima (5) tahun, dan mengevaluasi laporan pertanggungjawaban ketua periode 2014-2019, serta menetapkan Ketua Dharma Wanita persatuan Kabupaten Kolaka Timur untuk masa bakti 2019-2024,” jelas Sulwan.

Baca Juga:  Awali Kunker di Tahun 2023, Ketum PPWI Sambangi Lapas Narkotika Kelas IIA Cipinang

Pada kesempatan tersebut, Mantan Camat di Konawe ini juga meminta kepada peserta yang nota bene adalah para ibu untuk memiliki kesadaran atas isu terkini yang tengah berkembang di masyarakat.

“Saat ini kita belum lepas dari pandemi Covid-19, untuk itu para ibu harus memperhatikan kesehatan keluarga dengan melakukan upaya pencegahan dan vaksinasi Covid-19. Dan senantiasa berlakukan Protokol Kesehatan (Prokes) dimanapun kita berada, dengan memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Ibu-ibu Dharma Wanita harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan keluarga,” pinta Sulwan.

Mengakhiri sambutannya Sulwan mengucapkan selamat mengikuti Musyawarah Daerah.

“Selamat mengikuti Musyawarah Daerah, saya berharap Musda ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat bermafaat bagi kepentingan organisasi dan daerah,” pungkas Sulwan sambil membuka kegiatan Musyawarah Daerah I Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kolaka Timur.

Laporan : Jumran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *