Wali Kota Sulkarnain Buka MTQ XXIX Tingkat Kota Kendari

Kendari – Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, SE.,ME membuka Musabaqah Tilawawtil Qur’an (MTQ) XXIX tingkat Kota Kendari yang bertempat di Masjid Al Alam Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Sabtu (29/1/2022).

Sebelum wali kota membuka MTQ XXIX tingkat Kota Kendari tersebut, lebih awal Sulkarnain Kadir melantik ketua dan pengurus dewan hakim. Yang mana nantinya dewan hakim tersebut akan memimpin MTQ yang rencananya berlangsung selama tiga hari.

Mengawali sambutannya Wali Kota Kendari meminta agar Al Qur’an tidak hanya menjadi bacaan, namun harus dijadikan pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Karena Al Qur’an dapat menuntun Umat Muslim di era yang penuh tantangan seperti saat ini.

Baca Juga:  Penyerahan Sarana dan Prasarana Pertanian oleh Wali Kota Kendari Dirangkai dengan Panen Buah Salak

“Kalau kita tidak kembali pada prinsip dasar yang diajarkan Al Qur”an, maka kita tidak tahu kepada hal apa lagi kita berpegang,” katanya.

Pasangan Siska Karina Imran ini juga mengungkapkan, MTQ merupakan sarana untuk saling mengingatkan bahwa, melakukan pembangunan tidak hanya fisik saja, tapi juga membangun jiwa dan mewarnai hidup sehari-hari. Berpedoman dengan Al Qur’an bisa memberikan dampak yang baik dan keberkahan bagi Kota Kendari.

“Ketika kita jadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup kita, maka Insaallah akan hadirkan keberkahan dari arah yang tidak kita duga,” lanjutnya.

Wali kota juga meminta agar dalam pelaksanaan MTQ nanti bisa melibatkan generasi muda, agar mereka bisa menjadi generasi pelanjut yang kuat dan tidak hanya sibuk dengan Gadget dan aktivitas onlinenya. Dengan demikian, mereka bisa bersaing dan menghadapi kerasnya kehidupan saat ini dan yang akan datang.

Baca Juga:  Wali Kota Kendari Resmi Kukuhkan APRI Wilayah Kota Kendari Periode 2021-2025

Sementara Ketua Panitia MTQ Agus Salim Safrullah menjelaskan bahwa sebanyak 391 peserta dari 11 kecamatan yang akan meramaikan MTQ tahun 2022 ini. Para peserta ini akan mengikuti 8 (delapan) cabang yang dilombakan.

“Adapun delapan cabang yang akan dilombakan nanti dalam MTQ yakni, cabang seni baca Al Qur’an, Qira’at Al Qur’an, hafalan Al Qur’an, tafsir Al Qur’an, fahmil Qur’an, seni kaligrafi, syarhil Al Qur’an dan karya tulis ilmiah,” jelasnya.

Sementara, masih Agus Salim, terkait waktu pelaksanaan MTQ nanti yaitu berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 29 Januari sampai 1 Februari 2022. Dan akan dilaksanakan di beberapa masjid yang ada di Kota Kendari.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, yang keluar sebagai juara nanti akan mewakili Kota Kendari dalam MTQ tinggkat Provinsi.

Baca Juga:  Kades Kasulatombi Ajak Masyarakat Bersinergi dalam Membangun Desa

“Jadi yang keluar jadi juara (pemenang) nanti, maka berhak mewakili Kota Kendari dalam MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara,” tutup Agus Salim Safrullah yang juga sebagai Asisten I Pemkot Kendari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *