Peduli Warganya yang Sering Terdampak Banjir, Pemdes Labungga Serahkan Gabus Pelampung

Konut – Pemerintah Desa (Pemdes) Labungga serahkan gabus pelampung kepada warga yang sering dilanda banjir. Hal tersebut disampaikan oleh Maleha Kepala Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Kamis (13/1/2022).

Menurut Maleha gabus pelampung yang diserahkan itu merupakan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang dimasukkan dalam anggaran Dana Desa Tahun 2021.

“Gabus pelampung yang berjumlah 300 buah tersebut merupakan anggaran DD Tahun 2021, tapi kami baru bisa serahkan tahun ini karena adanya keterlambatan pencairan DD tahap ketiga. Dan itu diserahkan kepada warga yang rentang terdampak banjir sebanyak 4 buah per KK,” jelas Maleha.

Terkadang lanjut Maleha, bila banjir datang, maka warga kesulitan untuk menyelamatkan barang-barangnya. Jadi gabus pelampung ini bertujuan untuk mengamankan barang-barang mereka dengan cara dibuatkan rakit terlebih dulu.

Baca Juga:  Realisasikan DD, Kades Kotawo: Penggunaan DD Harus Sesuai Juknis

Tak lupa Maleha selaku Kepala Desa Labungga berharap agar pemerintah, baik provinsi maupun daerah agar memberi perhatian kepada Desa Labungga ini.

“Saya berharap kepada pemerintah, baik provinsi maupun daerah agar memberikan perhatian ke Desa Labungga ini, dengan cara membangun tanggul atau bendungan karena dengan tidak adanya tanggul atau bendungan maka Desa Labungga ini menjadi langganan banjir bila musim hujan tiba. Karena air kali Lalindu sering meluap bila hujan seminggu,” harap Maleha.

Man salasatu warga Desa Labungga merasa bersyukur dengan terealisasinya gabus pelampung tersebut.

“Kami sangat bersyukur atas adanya bantuan melalui DD. Kami sangat terbantu dengan terealisasinya gabus pelampung ini, karena ketika terjadi banjir, kami tidak akan susah lagi, dan kami juga sudah diapkan rakit (pincara-red),” ucap Man sambil bersyukur.

Baca Juga:  Serahkan Bantuan Asistensi Sosial kepada Lansia, Wali Kota Kendari: Ini Program Kolaborasi

Penyerahan gabus pelampung tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 12 Januari 2022, dan diserahkan langsung oleh Kepala Desa Labungga, dan dihadiri pendamping desa serta warga penerima gabus pelampung.

Penulis: Abdul Haris GoseEditor: Hasan Basri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *