Lantik dan Rotasi Eselon II dan III,  Bupati Konsel: Kadis yang Dikukuhkan Hasil Job Fit, Bukan Dipilih Sesuka Hati

Konsel – Mengawali hari kerja Tahun Baru 2022, Bupati Konawe Selatan (Konse) H Surunuddin Dangga ST MM melantik 23 Pejabat Eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan sejumlah Jabatan Administrator Eselon III lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel, Senin (3/1/2021).

Sebelumnya pada akhir tahun 2021, Bupati Surunuddin melakukan Penyetaraan ratusan Jabatan Eselon IV ke Jabatan Fungsional.

Dihadapan para pejabat eselon II dan III ini Bupati menginstruksikan agar pejabat yang dilantik dapat bekerja sebaik mungkin, menyesuaikan di lokasi kerja barunya termasuk memperhatikan dan menyerah terimakan secara resmi aset yang ada di instansi masing-masing. Sebab merupakan barang milik negara yang harus dijaga, dirawat dan dipertanggung jawabkan penggunaannya.

Manajemen keuangan khususnya pembayaran gaji aparatur yang tidak boleh terlambat, salasatu jadi perhatian serius olehnya, untuk menghindari isu sensitif yang bisa dihembuskan orang tak bertanggung jawab, misalnya memberitakan anggaran Pemda Konsel tidak ada.

“Para Kepala Dinas yang baru dikukuhkan segera benahi penata kelolaan keuangan tempat barunya, khususnya ampera gaji aparatur agar segera terbayarkan. Penangkal hembusan isu mengatakan Kas Konsel kosong, padahal anggaran kita lebih untuk itu,” perintah Surunuddin dalam sambutannya didampingi Wabup Rasyid, Sekda H Sjarif Sajang dan Kepala BKPSDM Siti Chadidja.

Baca Juga:  Pj Bupati Koltim Resmi Buka Pelayanan Kesehatan Koltim Sejahtera

Dijelaskannya juga, pelantikan, pengukuhan dan pengambilan sumpah, janji JPTP yang disaksikan Ketua DPRD Irham Kalenggo ini tidak sekonyong-konyong dilaksanakan atau serta merta diputuskan atau dipilih sesuka hati, namun sesuai mekanisme perundangan yakni melalui tes Job fit sebelumnya yang berlangsung ketat dan terbuka, serta bakal dilakukan evaluasi kinerjanya dalam 6 (enam) bulan kedepan.

Ia mengingatkan, para eselon selalu membangun komunikasi dengan pimpinan daerah, berkoordinasi dan melibatkan seluruh staf dibawahnya utamanya dalam pengelolaan anggaran yang melekat di instansinya.

“Yang dilantik merupakan langkah awal dan orang berkompeten. Jadi jaga martabat diri dan pemerintah dengan taat prosedural, tidak seenaknya menjalankan anggaran tanpa koordinasi dengan pimpinan daerah. Kedepankan asas manfaat demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” timpalnya.

Baca Juga:  Tinjau Bencana Longsor, Bupati dan Wabup Butur Ajak BPBD dan PUPR untuk Mengatasi Longsor

Adapun JPTP yang diambil sumpahnya, yakni Armansyah sebelumnya Kadis Transmigrasi jadi Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Rafiudin dari Kadis Peternakan dan Keswan ke Staf ahli Pemerintahan Umum, Hukum dan Politik, Yuliana Kadis Pemberdayan Perempuan ke Staf Ahli kemasyarakatan dan SDM, H Amran Aras Kasatpol PP jadi Asisten Pemerintah dan kesejahteraan Rakyat, Hidayatullah Asisten Perekonomian dan Pembangunan sebelumnya Kadis Tanaman Pangan, Syamsul Asisten Administrasi Umum dari Kadis Kelautan dan Perikanan dan Agusalim dari Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan jadi Sekretaris Dewan.

Dan mereka yang dilantik lainnya yakni Muhammad HIsra sebelumnya Staf Ahli dilantik menjadi Kepala Kesbangpol menggantikan Drs Asaapi, Nurlita Jaya AS yang sebelumnya sebagai Plt BPBD Konsel dilantik menjadi Kadis Sosial menggantikan Surdin Laulewulu, Hj Marwiyah Tombili dilantik sebagai Kepala Balitbangda, Sahrin Saudale dilantik Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah, Ichsan Porosi sebelumnya Kepala Bappeda dilantik sebagai Kadis Lingkungan Hidup, dan Mujahidin sebagai Kepala BKAD yang sebelumnya menjabat Kepala Inspektorat.

Baca Juga:  Sigap, Wabup Konsel Langsung Turun Lapangan Buka Aksi Blokade Jalan

Sajudin Idris sebelumnya menjabat Kadis PMD dilantik menjadi Kepala Bapedda menggantikan Ichsan Porosi , Budi Yuliarto sebelumnya menjabat Kadis Pendapata Daerah dilantik menjabat Kadis Perhubungan, dr Maharayu sebelumnya menjabat sebagai Kadis Kesehatan bergeser menjadi Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, Anas Mas’ud sebelumnya Kadis Kominfo dilantik menjadi Kadis PMD, Drs I Gusti Adi Suwantara sebelumnya menjabat Kadis Pengendalian Penduduk dan KB dilantik Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja menggantikan  Armansyah, Adiwarsyah Toar tetap dilantik menjadi Kadis Pariwisata, Erawan Supla Yuda dikukuhkan sebagai Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.

Selanjutnya, I Putu Darta dikukuhkan sebagai Kadis PTSP, Indra Rusdin dikukuhkan menjadi Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman, Muhammad Yusuf dikukuhkan Kadis Dukcapil.

Sementara untuk jabatan administrator diantaranya Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan dan Keuangan Narlian, Kabag Ekonomi Ashar dan Amirudin Amir selaku Kabag umum sekretariat daerah. Serta beberapa Sekretaris Dinas, dan Kepala Bidang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *