Survey Penilain Integritas KPK Tembus Diangka 77,01, Kota Kendari Terbaik Ketiga di Sultra

Kendari – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mendapatkan nilai 77,01 persen hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) ‘Mengukur tingkat korupsi di Indonesia’ yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Republik Indonesia.

Inspektur Kota Kendari Syarifuddin mengaku, angka capaian SPI Kota Kendari membanggakan karena di atas rata-rata nasional 72,46 persen.

“Capaian angka tersebut menempatkan Kota Kendari terbaik ke tiga di Sultra, setelah Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Konawe Kepulauan,” ungkapnya.

Dalam skala 0 – 100 (artinya semakin tinggi makin baik, maka indeks nilai Integritas 77,01 termasuk dalam kategori baik).

Survei Penilaian Integritas (SPI) adalah survei yang dilakukan terhadap institusi untuk memetakan dan memonitor risiko korupsi, dengan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran Risiko Korupsi dan perbaikan sistem antikorupsi.

Baca Juga:  Lewati Empat Tahapan, Akhirnya Kota Kendari Raih Predikat Nindya Kota Layak Anak

Dasar SPI tersebut ada beberapa kriteria karena indeks persepsi korupsi untuk secara nasional. Sehingga, berkaitan juga dengan pelayanan publik apakah di pelayanan itu ada penyalahgunaan wewenang, pungutan, atau gratifikasi.

SPI dilakukan terhadap 3 kelompok responden, yaitu Internal (ASN dan Non ASN Pemerintah Kota Kendari), Eksternal (Masyarakat Pengguna Layanan) dan Expert (Ahli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.