Realisasikan DD, Kades Kotawo: Penggunaan DD Harus Sesuai Juknis

Avatar photo

Butur – Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat ke seluruh desa yang ada di Indonesia merupakan anggaran untuk membangun desa dan mensejahterakan warga desa tersebut Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Kotawo saat ditemui dikediamannya di Desa Kotawo, Kecamatan Kulisusu Barat, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (1/11/2021).

Zaudin selaku Kepala Desa Kotawo kepada media ini menjelaskan bahwa Dana Desa bertujuan untuk membangun desa agar bisa sejajar dengan desa-desa yang sudah berkembang.

Namun, lanjut Zaudin, itu bisa terjadi jika penggunaan DD sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis). Walaupun DD di salasatu desa mencapai milyaran rupiah, tapi bila digunakan tidak sesui Juknis maka anggaran tersebut akan terkesan sia-sia.

Baca Juga:  Bersama Wabup, Bupati Konsel Lakukan Vaksin Booster

Terkait hal tersebut, saat media ini melakukan konfirmasi penggunaan DD untuk tahun anggaran 2021, Zaudin menjelaskan bahwa, penggunaan DD untuk tahap awal, itu masih terkait dengan Covid-19.

“Untuk tahap awal kita sudah serahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke 40 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan pembagian honor satgas ke 32 orang, serta pembagian vitamin bagi masyarakat. Serta pengadaan tower sebanyak 97 buah yang dibagikan ke semua dusun,” kata Zaudin.

“Sementara untuk tahap kedua, kita membangun jalan lingkungan sepanjang 395 meter di Dusun I, dan Drainase sepanjang 100 meter yang juga disertai dengan parid sepanjang 260 meter yang terletak di Dusun II,” sambungnya.

Baca Juga:  Pemkot Kendari Ikuti Rakorwasdanas Bersama KPK, BPKP dan Kemendagri

Selain itu, masih Zaudin, untuk tahap kedua ini diserahkan juga insentif kader Posyandu untuk 5 (Lima) orang, dan kader Posbindu 3 (Tiga) orang, Posyantek 5 (Lima) orang, dan penyertaan modal Bumdes sebanyak 10 persen. Adapun HOK nya, itu dilakukan oleh seluruh warga.

Desa Kotawo memiliki jumlah jiwa sekitar 500 jiwa, dan wajib pilih sebanyak 320, serta 193 Kepala Keluarga (KK) dengan potensi masyarakat adalah petani nilam.

Tak lupa ia meminta agar apa yang telah diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk dimanfaatkan dengan baik.

“Saya selaku Pemerintah Desa (Pemdes) berharap kepada seluruh warga supaya bantuan yang telah diberikan melalui DD untuk digunakan dengan baik, agar kelak bisa dirasakan manfaatnya. Mudah-mudahan dalam kepemimpinan saya, bisa membangun desa Kotawo ini sejajar dengan desa-desa yang sudah maju, bagitupun dengan prekonomian warga,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!