Kades Jampaka Ingin Ada Kenangan untuk Warga Saat Tak Menjabat lagi

Butur – Kepala Desa Jampaka menginginkan ada kenangan yang ditinggalkan saat tidak menjabat lagi sebagai kepala desa. Hal itu disampaikan Jangudi Kepala.Desa Jampaka saat ditemui dikediamannya di Desa Jampaka, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jumat (29/10/2021).

Menurut Jangudi selama dirinya menjabat sebagai kepala desa, hal yang selalu dilakukan dalam penggunaan Dana Desa (DD) lebih mengutamakan pembangunan Rumah Layak Tidak Huni (RLTH). Dan itu memang layak, melihat kondisi rumah warga sudah sebagian besar sudah mengalami kerusakan.

“Tahun ini saja ada sekitar 13 unit RLTH yang diadakan, dan itu tersebar di semua dusun. Begitu juga tahun 2020 lalu ada sekitar 13 unit, dan 5 (Lima) unit dari anggaran APBN. Dan Alhamdulillah pada tahun 2019 ada bantuan dari pusat melalui APBN sebanyak 27 unit,” kata Jangudi.

Baca Juga:  Penutupan Event Kendari Triathlon 2021 Diwarnai dengan Gowes Keliling Kota Kendari

“Selain itu ada juga rumah singgah nelayan 1 (Satu) unit di Dusun 1, dan pembangunan posko satgas Covid-19,” sambungnya.

Selama pandemi ini, lanjut Jangudi, tetap disalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke 108 penerima manfaat, pengadaan alat kesehatan, alat cuci tangan dari jergen dan galon yang ditempatkan di tiap-tiap rumah dan tempat-tempat umum.

“Desa Jampaka untuk sekarang ini memiliki jumlah jiwa sekitar 700 jiwa, wajib pilih 450, dan 196 KK memiliki potensi atau penghasilan berkebun dan nelayan,” tambahnya.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya DD yang dikucurkan pemerintah pusat, karena dengan begitu kita bisa membangun baik desa itu sendiri, begitu juga dengan masyarakat dengan melalui pemberdayaan,” pungkas Jangudi bersyukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *