Kades Eensumala: Kepala Desa Hanya Perpanjangan Tangan Pemerintah Pusat

Avatar photo

Butur – Selaku Pemerintah Desa (Pemdes) Samsul Wiridin sadar betul dengan tugas dan tufoksinya selaku kepala desa. Hal itu disampaikan ke media ini saat ditemui dikediamannya di Desa Eensumala, Kecamatan Bone Gunu, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kamis (28/10/2021).

Menurut Samsul, anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat harus betul-betul kita manfaatkan dengan baik, begitupula dengan Dana Desa (DD). Pemerintah pusat kucurkan DD ke seluruh desa yang ada di Indonesia dalam hal ini kepala desa selaku Pengguna Anggaran (PA). Jadi sama halnya kalau kepala desa ini perpanjangan tangan pemerintah pusat.

“Jadi apa yang telah dipercayakan kepada kami selaku kepala desa dalam hal pengelolaan DD akan tetap dipantau, apalagi sekarang ini bukan hanya pihak berwajib yang berhak melakukan pemantaun, tapi semua elemen masyarakat,” ucap Samsul.

Baca Juga:  Tim Terpadu Pemprov Pantau Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Tiga Kawasan Tambang Kolaka

Untuk itu lanjut Samsul, sebelum DD digunakan lebih awal diadakan dulu rapat, baik tingkat dusun, tingkat desa dan tingkat kecamatan. Untuk menetapkan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam penggunaan DD.

Sesuai hasil rapat bersama dengan masyarakat dan pemerintah desa masih Samsul, maka hasil rapat itulah yang akan dilakukan, seperti untuk tahap awal ini diadakan bedah rumah sebanyak 4 unit yang terletak di Dusun 1 sebanyak 2 unit, Dusun 2, sebanyak 2 unit, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) diserahkan ke 40 penerima manfaat, pembangunan posko Covid-19, pengadaan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, galon cuci tangan yang ditempatkan di tiap-tiap rumah, pengadaan alat kesehatan Posyandu, seperti tes gula, kolestrol, dan timbangan anak balita.

Baca Juga:  Realisasikan DD, Pemdes Laangke Utamakan Pemberdayaan

“Tahap kedua, pengadaan atap rumah jenis spandek sebanyak 400 lembar, mesin jahit 2 unit, mesin pemotong rumput 7 unit, alat perbengkelan, mesin ketinting 1 unit, pembuatan plat duiker 2 unit yang terletak di Dusun I, dan Dusun II, alat penangkapa ikan 1 unit, pengadaan alat pertukangan, pembuatan saluran untuk pengairan sawah sepanjang 600 meter yang terletak di Dusun 1, pengadaan mesin hand sprayer 2 unit. Dan juga pembagian BLT ke 40 penerima manfaat,” bebernya.

“Jadi semua kegiatan yang dilakukan itu merupakan hasil musyawarah bersama warga,” tambahnya.

Maka itu dirinya berharap semoga apa yang telah diberikan melalui DD dapat dimanfaatkan oleh warga. Sehingga kelak bisa menjadi penopang untuk meningkatkan prekonomian.

Baca Juga:  Korsupgrah KPK RI Resmi Mempublis Capaian MCP Seluruh Daerah, Kota Kendari Berada di Posisi Kedua

Untuk diketahui Desa Eensumala memiliki jumlah jiwa sebanyak 365 jiwa, wajib pilih sebanyak 250 dan KK 95 yang memiliki potensi atau penghasilan berkebun dan petani. Sementara potensi desa yakni wisata air panas dan air terjun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!