Kembangkan Skill para Operator SPBE, Diskominfo Konsel Gelar Pelatihan Admin Website OPD.

Avatar photo

Konsel – Keterbukaan informasi dewasa ini memiliki arti penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya yang dimaknai sebagai wujud transparansi penyelenggaraan pemerintahan negara terhadap masyarakat.

Tuntutan itulah yang mengilhami Pemerintah Daerah Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfo) untuk membangun dan menyediakan informasi pemerintahan berbasis website pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Website ini juga bentuk implementasi perintah undang-undang sekaligus sebagai langkah awal terwujudnya e-Government dan kebijakan Pimpinan Daerah Konawe Selatan. Yang menyajikan journal, informasi, dan potensi daerah secara terpadu dan menyeluruh.

Saat ini, telah terbangun 38 website OPD dan beberapa website penunjang lainnya antara lain website PPID, Covid 19, BLK Konawe selatan dan pada bagian Barang dan Jasa serta website daerah sebagai rumah besar website yang ada.

Baca Juga:  Bupati Konsel Serahkan Sertifikat PTSL ke 101 Warga Desa Wundumbolo

Tentunya agar bisa lebih maksimal pengoperasiannya dibutuhkan operator Admin website handal dan bersikap profesional.

Untuk itu, Diskominfo Konsel melaksanakan pelatihan admin website OPD selama dua hari berturut-turut mulai 18 – 19 Oktober 2021 bertempat di Ruang Rapat Kantor Diskominfo setempat.

Pelatihan ini mendapat pengarahan teknis dari Kepala Dinas Kominfo Konsel Drs Anas Mas’ud M.Si. kata Ia kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan keahlian para operator admin portal dengan tujuan menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap keberadaan website dimaksud.

Dijelaskannya, penyediaan portal merupakan kebijakan pimpinan daerah untuk menunjang implementasi e-government melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE). Dimana seluruh OPD mesti memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dari semua instansi lingkup Pemkab Konsel.

Baca Juga:  Genjot PAD, Pemkab Jembrana Luncurkan Aplikasi POS

“Misalkan ingin mendapatkan informasi destinasi wisata silahkan kunjungi link website Dinas Pariwisata atau update data kependudukan buka portal Disdukcapil Konawe Selatan, dan berbagai manfaat lainnya,”sebut Anas.

Website OPD tersebut secara keseluruhan terintegrasi dengan website resmi Pemerintah Daerah atau terkoneksi dan terpusat dalam server satu subdomain konaweselatankab.go.id

Pemerintah Daerah Konsel melalui Diskominfo berusaha untuk selalu mengembangkan aplikasi yg telah dibangun. Kedepan fitur-fitur website OPD akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan pengelola, masyarakat dapat melakukan download dokumen yang telah di upload oleh admin pada website masing masing OPD.”Sehingga dokumen yg bersifat terbuka untuk umum atau publik mudah di akses dari manapun dan kapan saja,”terang Anas

“Keberadaan website ini menjadi tantangan tersendiri bagi OPD untuk kreatif memberikan update informasi kepada publik, jika tidak, tentunya akan menjadi bahan evakuasi Pimpinan Daerah,”tambahnya lagi.

Baca Juga:  Resmikan Smelter Nikel di Konawe, Presiden: Akan Tingkatkan Nilai Tambah

Diharapkan juga keberadaan website ini menjadi beranda utama bagi Pemerintah dan beranda bagi OPD untuk memperkenalkan berbagai program dan kegiatan unggulannya kepada masyarakat.” Sehingga kita berharap melalui pelatihan ini semua admin website OPD dapat mengelola website secara baik dan profesional.  Dan bakal dievaluasi hasilnya tiga Minggu kedepan terhadap progres pengelolaan website tersebut,”imbuhnya

Mantan alumni STPDN Angkatan 05 ini juga mengatakan keberadaan website ini menjadi salah satu bentuk ikhtiar pimpinan daerah dalam memberikan pelayanan publik di Kabupaten Konawe Selatan. “Segala informasi dan kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan masyarakat luas bisa dengan mudah disampaikan dan diketahui baik melalui komputer, laptop maupun ponsel,”pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!