Kades Sorue Jaya: Dana Desa Bermanfaat bila Digunakan Sesuai Juknis

KONAWE – Dana Desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat sangat bermanfaat untuk pembangunan desa, baik sektor pembangunan desa itu sendiri maupun sektor pemberdayaan untuk masyarakat yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa. Hal tersebut diungkapkan oleh Herman Kepala Desa Sorue Jaya saat di ditemui di kediamannya di Desa Sorue Jaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sabtu (21/8/2021).

Menurut Herman penggunaan DD untuk tahun anggaran 2021 di Desa Sorue Jaya hanya pembangunan RLTH yang fisi dan pengadaan fiber, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Untuk anggaran tahun 2021 ini kita masih fokus di penanganan Covid-19. Jadi masih ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang kita serahkan ke masyarakat, dan untuk tahap awal kemarin kita sudah serahkan ke 71 Kepala Keluarga (KK). Selain itu ada juga pengadaan alat kesehatan, seperti, masker, tempat cuci tangan, baju relawan dan tangki sprot,” kata Herman.

Baca Juga:  Tinjau Proyek Pembangunan Pengaspalan Jalan di Kelurahan Puriano, Wali Kota Kendari Ucap Syukur

“Dan untuk tahap kedua ini, BLT baru masuk 2 (bulan) dan itu juga sudah kami serahkan ke masyarakat. Dan pengadaan perahu fiber 1 (satu) paket dengan mesin sebanyak 11 unit, serta pengadaan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) sebanyak 5 (lima) unit yang terletak di setiap dusun,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah penduduk Desa Sorue Jaya sebanyak 832 jiwa, dengan jumlah KK sebanyak 221 dengan wajib pilih sekitar 512 orang. Adapun mata pencaharian masyarakat Desa Sorue Jaya yakni nelayan dan kuli bangunan.

Tak lupa Herman meminta kepada masyarakat Desa Sorue Jaya agar tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

“Mudah-mudahan dengan adanya DD ini, bisa digunakan sebaik-baiknya agar kita bisa rasakan manfaatnya ke depan. Dan juga wabah Covid-19 cepat berlalu hingga kita semua bisa kembali beraktivitas dengan normal,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *