Nakes Parepare yang Tangani Pasien Covid-19 Akhirnya Terima Insentif

PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare sudah membayarkan insentif tenaga kesehatan (Nakes) yang tertunda pada periode Oktober hingga Desember 2020. Itu dibayarkan senilai total Rp1,8 miliar.

Tidak hanya pada 2020, Pemkot Parepare pun sudah membayarkan insentif Nakes pada 2021 yakni mulai Januari hingga Mei 2021 atau selama lima bulan. Itu senilai total Rp3,7 miliar.

Hal ini diungkap Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, H. Jamaluddin Achmad, Jumat (30/7/2021).

“Iya sudah yang pertama insentif Nakes yang tertunda 2020 tiga bulan, Oktober sampai dengan Desember sekitar Rp1,8 miliar. Yang kedua insentif Nakes yang tangani Covid Januari sampai dengan Mei 2021 sekitar Rp3,7 miliar,” ungkap Jamaluddin.

Baca Juga:  RSUD Type D di Puuwatu Mulai Dibangun, Wali Kota: Ini Bentuk Pemerataan Pembangunan

Tidak hanya bagi Nakes yang menangani Covid-19, Pemkot Parepare pun segera membayarkan insentif bagi Nakes yang melaksanakan vaksinasi Covid-19.

“Iya, sementara proses saat ini insentif Nakes yang melaksanakan vaksinasi,” kata Jamaluddin.

Terobosan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang mengintervensi insentif Nakes yang seharusnya kewajiban Kemenkes, dari APBD Parepare itu, menjadi perhatian nasional.

Pertama, Wali Kota berlatar belakang profesional hukum ini diundang menjadi pembicara dalam Web Seminar (Webinar) Forkom Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Wilayah/Perhimpunan se-Indonesia pada 25 Juli 2021.

Dalam Webinar nasional mengusung tema “Gerakan Dokter Semesta Melawan Covid-19, Antara Wacana dan Realita” itu, Wali Kota Taufan Pawe mengingatkan perlunya terobosan dalam menangani Covid-19. Termasuk kesejahteraan tenaga medis dan tenaga kesehatan (Nakes) harus diperhatikan.

Baca Juga:  Puskesmas Oheo Gelar BIAS pada Anak Usia Dini

“Jangan pernah abaikan hak-hak medis dan Nakes yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19,” ingat Taufan Pawe yang bergelar doktor ilmu hukum ini.

Kemudian kedua, Taufan Pawe kembali dipercaya menjadi nara sumber pada ajang berskala nasional langsung dari Kementerian Kesehatan RI.

Lewat Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kemenkes RI mempercayakan Taufan Pawe menjadi pembicara pada Webinar Sosialisasi Insentif Tenaga Kesehatan Pusat dan Nasional yang digelar virtual, Jumat, 30 Juli 2021.

Di Webinar Nasional itu, Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel akan berbicara terkait dukungan Pemerintah Daerah dalam percepatan penyerapan insentif tenaga kesehatan. (*)

Sumber: Portalinsiden.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *